Home / Daerah / Batam / Pantai Pulau Tunjuk, Tempat Alternatif Destinasi Wisata di Batam

Pantai Pulau Tunjuk, Tempat Alternatif Destinasi Wisata di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pantai wisata Pulau Tunjuk, mungkin belum familiar dan masih terasa asing bagi telinga kita walaupun tinggal di Pulau Batam dibandingkan dengan tempat – tempat wisata pantai pulau lainnya. Apalagi bagi masyarakat yang berada diluar Pulau Batam. Hampir tidak mengetahui indahnya destinasi wisata yang ada di Pulau Tunjuk.

Seperti pulau – pulau lainnya yang berada di sekitar batam, Pulau Tunjuk jugalah mempunyai hamparan pantai yang mempesona, walaupun masih jarang dikunjungi. Jika Anda menginginkan tempat wisata yang tenang dan dapat me-refresh kepenatan dari rutinitas, Anda dapat menjadikan Pantai Tunjuk sebagai destinasi yang tepat untuk dikunjungi.

Pulau Tunjuk posisinya berada berseberangan dengan Pulau Subang Mas, Batam dan masih berada satu kelurahan dengan Subang Mas. Jalur untuk menuju pulau ini melewati pelabuhan rakyat Punggur dengan mengambil jalur menyeberang dari Jembatan Barelang.

Sebagai alternatif destinasi wisata pantai di Batam, Pulau Tunjuk patut direkomendasikan. Pulau berpasir putih dengan rona air yang menggoda ini terbilang lumayan menarik perhatian. Buktinya diantara pengunjung yang datang, terlihat tidak sabar untuk segera mencebur diri dan berenang di air pantainya. Walaupun kondisi pantai masih terasa panas dari terik terik matahari.

Rute perjalanan ke tempat wisata pantai Pulau telunjuk, dari Kota Batam Anda menuju ke pelabuhan Punggur. Di sana Anda dapat menyewa boat nelayan (pompong) dengan harga kurang lebih 500ribu untuk perjalanan pulang perginya. Memilih untuk menghabiskan waktu luang seharian di Pulau Tunjuk tidaklah akan mengecewakan. Memilih menginap atau memasang tenda di pantai Pulau Tunjuk adalah salah satu memen yang lebih terasa pas untuk menikmati liburan Anda. Akan tetapi, jika Anda menginginkan hanya untuk sekedar singgah sebentar di Pulau Tunjuk pun akan tetap terasa menyenangkan. Saat siang, Anda bisa bersantai menikmati semilirnya angin pulau, bahkan dapat membuat kita terlelap begitu saja. Anginnya benar-benar menyejukkan.

Baca Juga  Bersantai Setelah Lelah Bersnorkeling di Pulau Rano Batam

Disepanjang pantai Pulau Tunjuk juga dihiasi oleh banyak pepohonan rindang yang meneduhkan di pulau ini. Tempat – tempat duduk yang terbuat dari kayu juga sudah disiapkan untuk para pengunjung beristirahat bila terasa penat bermain air laut. Di Pantai ini juga ditemui kapal kayu yang sandar di pinggir pantai, yang dijadikan sebagai tambahan properti untuk background foto yang menarik.

Sedikit kebelakang pulau, Anda akan menemukan jembatan (dermaga) yang menjorok ke laut. Di sekitar jembatan tersebut terdapat pantai berbatu-batu. Pulau Tunjuk merupakan pulau berpenghuni, akan tetapi tetap saja memberikan ketenangan. Rumah – rumah penduduk disana mempunyai jarak beberapa meter dari pinggir pantai pulau. Jika berkenan, Anda bisa menyapa penduduk setempat karena mereka juga cukup ramah dalam menyambut tamu yang datang ke Pulau Tunjuk.. Pada umumnya mereka bekerja sebagai nelayan.

Satu kekurangan dari pulau ini adalah saat ini belum dikelola sebagai destinasi wisata, sehingga masih ditemukan banyak sampah dan limbah kapal di pinggir pantai. Saat Anda datang, Anda harus membayar Rp 10 ribu/per orang sebagai uang kebersihan. (cj/editor:sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Dua Investor China Langsung Tertarik Berinvestasi di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dua investor Cina langsung tertarik untuk investasi di Batam begitu mendengar penjelasan tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *