Home / Politik / Pansus Pilwagub Kepri Wacanakan Studi Banding ke Sumut
Rapat Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kepri di Gedung Graha Pena.

Pansus Pilwagub Kepri Wacanakan Studi Banding ke Sumut

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Rancang tahapan pelaksanaan pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Panitia Khusus Tata tertib (Pansus Tatib) DPRD Kepri mewacanakan studi banding ke Provinsi Sumatera Utara.

Rencana tersebut terungkap dalam rapat lanjutan Pansus Tatib Pilwagub yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kepri Rizky Faisal di Gedung Graha Pena Batam pada Jumat (2/6/2017).

Wakil Ketua Pansus Tatib Pilwagub DPRD Kepri Sirajudin Nur mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih terus bekerja merumuskan tata cara, pengusulan hingga ke tahap pemilihan. “Kita ingin semua anggota dewan dapat mengetahui dan memahami tahapan-tahapan dan alur pemilihannya. Sehingga proses pemilihan ini dapat berjalan dengan baik nanti,” kata Sirajudin.

Dikatakan kader PKB ini, dalam merumuskan tata cara pengusulan dan pemilihan, Pansus perlu mencari masukan tentang dalam tata cara pemilihan Wagub Kepri. “Karena Provinsi Sumatera Utara baru melaksanakan pemilihan Wagub maka DPRD perlu melihat mekanisme yang mereka lakukan,” ujarnya.

Menurutnya, dalam rumusan tahapan, Pansus rencananya akan menetapkan tata tertib (tatib) yang sedang dibahas di sidang paripurna. Selanjutnya, secara simultan pansus akan membentuk panitia pemilihan (Panlih) yang berperan cukup krusial dalam proses pemilihan. Sebab, Panlih inilah yang akan melakukan verifikasi berkas sekaligus melakukan uji publik.

“Kita ingin figur yang terpilih adalah yang terbaik,” kata Sirajudin.

Calon yang lolos verfikasi, selanjutnya akan ditetapkan Panlih dan disampaikan dihadapan sidang paripurna. Panlih juga akan memberikan nomor urut kepada calon tetap. Calon yang sudah ditetapkan, akan menyampaikan pokok-pokok pikirannya dihadapan para anggota dewan.

“Selanjutnya DPRD akan memilih dua calon tersebut. Hasil pemilihan akan dibawa ke pusat melalui Gubernur,” terangnya.

Rapat dihadiri anggota pansus dr.Yusrizal, Hanafi Ekra, Widiastadi Nugraha dan Abdulrahman. (bt)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *