Home / Daerah / Batam / Paguyuban Selingsing Menyambut Harlah dengan Bakti Sosial Donor Darah

Paguyuban Selingsing Menyambut Harlah dengan Bakti Sosial Donor Darah

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepulauan Riau merupakan propinsi di Indonesia yang juga kaya akan ragam budaya dan tradisi  masyarakatnya. Seperti wilayah di Indonesia lainnya, mereka juga memiliki populasi masyarakat yang beraneka ragam. Salah satunya masyarakat Senayang, Lingga dan Singkep yang mereka menempati wilayah kabupaten Lingga.

Hj. Siti Aisyah, SE, Ketua Umum Paguyuban Selingsing.

Bagi masyarakat mereka yang merantau ke Batam, terbentuklah paguyuban senayang, lingga, singkep (Selingsing) dan bertepatan dengan harlah terbentuknya paguyuban tersebut yang pertama, dipimpin ketua umum paguyuban Selingsing, Hj. Siti Aisyah, SE, mereka gelar bakti sosial donor darah di kantor PMI Batam centre, senin (12/2/18).

Sebanyak 17 warga Selingsing yang menyumbangkan darah. Dan secara bertahap 50 warga selingsing lainnya menyusul menyumbangkan darah. Kepada Hangtuah Pos, Aisyah menjelaskan visi misi dari Paguyuban Selingsing yang ia bentuk tak lain untuk mewadahi masyarakat Lingga di Batam saling bersilahturahmi antar sesama warga Lingga sekaligus tempat bernaung mereka menghadapi segala permasalahan yang sekiranya timbul kedepannya. Adapun paguyuban memiliki 9 bidang kegiatan kemasyarakatan, antara lain bidang Organisasi dan humas, Hukum, Pemberdayaan perempuan, Pemberdayaan ekonomi, koperasi dan UKM, Agama, kaderisasi dan pengembangan masyarakat, Pendidikan, olah raga, kesehatan dan seni budaya, Komunikasi dan informasi, Pengembangan SDA dan Lingkungan hidup dan bidang Keamanan.

Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah Menyambut Harlah Paguyuban Selingsing.
Kegiatan Bakti Sosial Donor Darah Menyambut Harlah Paguyuban Selingsing.

Sebagai paguyuban masyarakat yang baru berdiri, Aisyah berupaya agar masyarakat Lingga yang berada di Batam nantinya bisa terangkul, sekaligus kedepannya kepada masyarakat Batam, mereka juga akan memperkenalkan tradisi yang dimiliki masyarakat Lingga.
” Peringatan Harlah akan kami gelar 11 maret 2018 di pantai bemban, disanalah nanti kami juga akan memperkenalkan kepada masyarakat Batam tradisi khas daerah kami yang unik, yakni joget dangkong yang berasal dari salah satu wilayah Lingga bernama Bangkong, ada juga tradisi kesenian kami lainnya khas orang melayu, dan baksos donor darah ini juga merupakan salah satu wujud kepedulian kami terhadap sesama di peringatan harlah paguyuban kami, “terang Aisyah.

Dikatakan Aisyah, selama paguyuban berdiri, sudah banyak aktifitas kemasyarakatan yang mereka lakukan, terutama di dunia pendidikan dan sosial. “tahun kemarin kita upayakan semua anak bisa bersekolah negeri, dari mulai SD hingga SMA, kemudian upaya penanganan kepada korban kecelakaan yang terjadi pada warga kami disini, pengupayaan roro untuk pengangkutan penumpang arus mudik lebaran, masih banyak aktifitas kemasyarakatan kami lainnya setahun kemarin, saya ingin nantinya paguyuban ini menjadi besar, kuat, bisa  membantu menaungi warga kami disini, dan menjadikan warga Lingga menjadi warga yang maju dan berjaya,
seperti slogan kami, Selingsing maju, selingsing jaya, selingsing maju dan jaya, “tutup Aisyah.

(dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *