Home / EkBis / Orang Terkaya di Indonesia Tidak Mempunyai NPWP

Orang Terkaya di Indonesia Tidak Mempunyai NPWP

“Orang – orang terkaya di Indonesia ini dipilih berdasarkan versi dari majalah Forbes dan majalah Globe Asia tahun 2015, termasuk dalam jajaran Wajib Pajak (WP) Prominent atau pilihan.”

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Pada hari jum’at malam, 9 desember 2016, Presiden Joko Widodo mengundang ratusan wajib pajak, yang termasuk paling kaya di Indonesia atau yang disebut wajib pajak prominent ke Istana Negara, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga turut hadir, memberikan gambaran mengenai perkembangan program pengampunan pajak atau tax amnesty periode kedua yang akan berakhir desember 2016 ini. Total yang mengikuti program tax amnesty ada 448 ribu wajib pajak. Namun, di Istana Negara, malam itu dihadiri oleh 500 wajib pajak prominent yang diundang khusus.

Sri Mulyani menjelaskan “kalau istilah kami di Kementerian Keuangan dan Ditjen Pajak malam hari ini yang kita undang adalah yang disebut prominent person di Indonesia. Jadi memang kalau dibilang tadi the chosen one (terpilih) ada alasannya.”

Para Wajib Pajak prominent tersebut dipilih karena mereka adalah orang – orang terkaya di Indonesia versi majalah luar negeri. Mereka adalah 242 wajib pajak yang masuk dalam 250 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes dan Globe Asia tahun 2015.

“Yang dikurangi delapan orang yang namanya terkaya di dalam list majalah itu, tapi delapan orang ini tidak punya NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak),” kata Sri Mulyani lebih lanjut.

Dalam data Direktorat Jenderal (DitJen) Pajak hingga hari kamis, tanggal 8 Desember 2016 mencatat angka deklarasi harta mencapai Rp 3.989 triliun, dan dana repartriasinya mencapai Rp 143 triliun, sedangkan untuk total tebusan baru sebesar Rp95 triliun.

Bos Djarum Group masih memimpin peringkat orang terkaya di Indonesia delapan tahun berturut-turut

Beberapa waktu lalu, Majalah Forbes kembali mempublikasikan daftar nama orang – orang terkaya yang ada di Indonesia. Dalam rilisnya, posisi nomor satu orang terkaya di Indonesia masih diduduki oleh Budi dan Michael Hartono. Keduanya adalah pemilik Djarum Group dengan nilai kekayaan bersama mencapai US$ 17,1 miliar, setara dengan Rp 230,85 triliun (kurs Rp13.500).

Daftar orang terkaya di Indonesia yang dilansir oleh majalah Forbes pada hari kamis, tanggal 1 desember 2016 tersebut menyatakan kekayaan dua bersaudara Hartono ini bertambah 1,7 miliar. Kenaikan kekayaan dari dua bersaudara tersebut disebabkan oleh naiknya nilai investasi mereka di PT Bank Central Asia Tbk. Mereka berhasil mempertahankan posisi sebagai orang paling kaya di Indonesia selama delapan tahun berturut-turut.

Baca Juga  Orang Terkaya Di Negri Kita

Sementara itu, di posisi kedua orang terkaya di Indonesia dipegang oleh pemilik Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo. Nilai kekayaan Susilo Wonowidjojo lebih sedikit dari Budi dan Michael Hartono sebesar US$ 10 miliar, yakni US$7,1 miliar. Kekayaan Susilo Wonowidjojo tersebut setara Rp 95,85 triliun.

Daftar orang-orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes ini ditetapkan berdasarkan nilai harga saham perusahaan yang mereka miliki dan nilai mata uang periode 16 november 2016. Forbes melaporkan, bursa saham Indonesia naik 18 persen dalam 12 bulan terakhir hingga november 2016. Kinerja bursa saham Indonesia, merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Hal itu ditopang oleh kepercayaan investor terhadap ekonomi Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Jokowi telah menciptakan iklim ramah investasi, memangkas birokrasi, dan membangun infrastruktur. Ekonomi Indonesia diharapkan tumbuh lebih dari lima persen pada tahun ini.

Forbes menyebutkan, nilai kekayaan 50 orang terkaya Indonesia mencapai US$ 99 miliar, atau setara dengan Rp 1.336,5 triliun. Hal tersebut mengalami kenaikan sebesar US$ 7 miliar dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat senilai US$ 92 miliar. Peningkatan kekayaan orang – orang terkaya di Indonesia ini berkat naiknya nilai saham mereka.

Berikut ini daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes:

  1. Budi dan Michael Hartono, nilai kekayaan US$ 17,1 miliar, atau Rp 230,85 triliun.
  2. Susilo Wonowidjojo, nilai kekayaan U$ 7,1 miliar, atau Rp 95,85 trililun.
  3. Anthoni Salim, nilai kekayaan U$ 5,7 miliar, atau Rp 76,95 triliun.
  4. Eka Tjipta Widjaja, nilai kekayaan U$ 5,6 miliar, atau Rp 75,6 triliun.
  5. Sri Prakash Lohia, nilai kekayaan U$ 5 miliar, atau Rp 67,5 triliun.
  6. Chairul Tanjung, nilai kekayaan U$ 4,9 miliar, atau Rp 66,15 triliun.
  7. Boenjamin Setiawan, nilai kekayaan U$ 3,3 miliar, atau Rp 44,55 triliun.
  8. Tahir, Nilai kekayaan U$ 3,1 miliar, atau Rp 41,85 triliun.
  9. Murdaya Poo, nilai kekayaan U$ 2,1 miliar, atau Rp 28,35 triliun.
  10. Mochtar Riady, nilai kekayaan U$ 1,9 miliar, atau Rp 26,65 triliun.

(asp-vv/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BI dan Uniba Bekerjasama Dalam Mengembangkan SDM

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Bank Indonesia bekerjasama dengan Universitas Batam untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *