Home / Daerah / Batam / Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP Kota Batam, Siswa Harus Lebih Dipersiapkan dan Anggaran Ditambah

Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP Kota Batam, Siswa Harus Lebih Dipersiapkan dan Anggaran Ditambah

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam upaya menjaring siswa berprestasi, Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kota Batam di gelar. Berlangsung di SMPN 3 Batam, sabtu (24/3/18). Adapun mapel yang dilombakan adalah matematika, IPA dan IPS, dengan jumlah total peserta 250 siswa, terbagi atas, matematika 84 peserta, IPA 84 peserta, dan IPS 82 peserta.

Sebelum dimulai, ketua pelaksana OSN SMP kota Batam, PL Tobing,STM,Pd menyampaikan wejangan kepada seluruh peserta agar lebih mempersiapkan diri secara matang menghadapi ajang bergengsi tersebut.

Olimpiade dimulai pukul 09.00 dengan durasi pelaksanaan selama 120 menit, dari pantauan Hangtuah Pos, per kelas terisi 42 siswa, dengan para pengawas dari SMPN 3 Batam. Jumlah peserta yang over kapasitas tersebut, diketahui ada siswa yang semestinya tak terdaftar mengikuti OSN kota batam tersebut bahkan diterima masuk oleh panitia. Dimana ketentuan registrasi mengikuti OSN tingkat kota tersebut, siswa harus melakukan absensi, pembimbing harus membawa SPT (surat perintah tugas) dan pas foto peserta. Dimana untuk pendaftaran dari tingkat kecamatan sebenarnya sudah ditutup 10 maret lalu. Hal ini dijelaskan Tobing bahwa melihat animo peserta yang luar biasa tesebut untuk mengikuti olimpiade, tak mungkin siswa tersebut ditolak sehingga dibiarkan ikut, walau nantinya yang akan masuk penilaian adalah peserta yang sudah terdaftar di SPT.

“Kita dari dinas pendidikan sudah memberi tenggat waktu hingga 3 minggu untuk mendaftarkan siswanya, namun dari sekolah itu sendiri kurang merespon, “tandasnya

“Pelaksanaan OSN tingkat kota ini berlangsung serempak di seluruh Indonesia, mereka yang lolos seleksi per sekolah juara 1 hingga 3 yang berhak mengikuti OSN tingkat kota, dan juara 1 sampai 3 tingkat kota yang akan mewakili ke tingkat propinsi Kepri pada 21 April, “jelas Tobing.

Atas nama Dinas Pendidikan Kota Batam, Tobing berharap menuju ke tingkat propinsi nantinya siswa lebih mempersiapkan diri dengan matang dari sekarang.

“Saya minta kepada para pembimbing siswa agar lebih banyak memberikan pengayakan soal-soal sebagai materi persiapan menuju OSN tingkat propinsi nantinya. Kita mau anak Batam ini berhasil hingga ke tingkat nasional maupun internasional, dan saya juga meminta kepada pemerintah agar anggaran untuk olimpiade ini ditambah supaya lebih banyak sekolah dari Batam bisa berpartisipasi, “harapnya.

Sementara itu, Direktorat pembinaan SMP Kemendikbud RI, Sri Lestari yang hadir mengawasi jalannya OSN SMP kota Batam mengatakan pelaksanaan sudah cukup lancar.

“Hanya saja kenapa masih ada tambahan peserta dari yang sudah tercatat, kita sekedar memotret saja, nantinya akan kami sampaikan ke pusat, sedangkan untuk kebijakan mengenai tambahan peserta tersebut kami serahkan kepada Dinas pendidikan kota terkait, “ujar Sri.

Terakhir ia juga berharap agar ada siswa dari Batam tembus hingga juara umum nasional maupun internasional. Untuk diketahui jawara OSN nasional tahun lalu adalah dari propinsi jawa tengah. (dianHP)

OSN SMP kota Batam sabtu (24/3/18), tampak Tobing, selaku ketua pelaksana OSN SMP kota Batam (kanan atas) memberikan wejangan kepada peserta sebelum OSN dilaksanakan.

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *