Home / Politik / Nurdin: Harus Dibangun Jalan Lingkar Penyengat
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melihat laut Pulau Penyengat yang direncanakan akan dibangun jalan lingkar, Jumat (30/3)

Nurdin: Harus Dibangun Jalan Lingkar Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjung Pinang – Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun ingin Kepri dengan budaya Melayu yang kuat dan peradaban Islam harus semakin dipertegas. Pulau Penyengat salah satu tempat yang tepat untuk mempertegas semua itu. Kemudian, harus dibangun jalan lingkar di Penyengat. Tapi bukan menimbun laut.

”Harus terus kita kembangkan agar Kepri punya ciri khas yang melekat di bidang keagamaan,” ujar Nurdin saat meninjau Pulau Penyengat usai melaksanakan Safari Subuh di Masjid Sultan Pulau Penyengat, Jumat (30/3).

Banyak hal yang harus dilakukan dalam menjaga kegemilangan Pulau Penyengat sebagai destinasi wisata tersebut. Salah satunya kebersihan baik di darat maupun di sekitar lautnya.

”Penyengat harus terus kita jaga kebersihan lautnya, kebudayaannya serta tempat-tempat bersejarahnya,” lanjut Nurdin.

Selain itu, Nurdin juga ingin promosi daerah harus terus digalakkan, agar para wisatawan dari dalam maupun luar tertarik untuk datang ke Penyengat. Dalam peninjauannya, Nurdin diajak salah satu tokoh pemuda setempat untuk melihat lokasi yang rencananya akan dibangun pondok tahfiz qur’an.

Nurdin menyambut baik lokasi yang dulunya merupakan bekas kompleks perumahan kerajaan itu dijadikan pondok tahfiz. Hal ini sebagai upaya menjadikan Penyengat sebagai Pulau Penghafal Al-Qur’an.

Di tepi lautnya Nurdin juga ingin diperbaharui. Rencanaya akan dibangun jalan lingkar yang mengelilingi Pulau Penyengat. ”Pakai tiang pancang saja jangan ditimbun,” tegas Nurdin.

Hal itu dilakukan karena ia tidak ingin membangun tapi malah merusak lingkungan sekitar. Nurdin ingin penambahan tanpa menghilangkan jejak asli di lokasi tersebut. Tokoh Pemuda Penyengat Adi mengatakan bahwa nantinya jika jalan lingkar tersebut jadi maka panjangnya akan kurang lebih tiga kilometer. Lebar jalan sendiri diproyeksikan dapat memuat 3 becak.

”Target kita ingin menjadikan Kepri maju seperti di Bali,” kata Adi.

Peninjauan selanjutnya ditujukan di tempat yang akan dibangun mini museum dan rumah singgah. (ais/mas)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengangkat Potensi Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *