Home / Daerah / Nilai Rata – Rata AKIP Kepri Tertinggi di Sumatera

Nilai Rata – Rata AKIP Kepri Tertinggi di Sumatera

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Nilai rata-rata Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Riau tertinggi dibanding provinsi lain di Sumatera. Berdasarkan paparan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), kabupaten/kota di Kepri mendapat nilai AKIP rata-rata 63,07 atau predikat B.

Provinsi lain yang nilai rata-rata kabupaten/kotanya B yakni Bangka Belitung. Namun nilainya sedikit di bawah Kepri, yaitu 60,90. Sedangkan empat provinsi lain mendapat predikat CC (nilai 50-60), Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Dan predikat C (40-50) untuk Aceh, Sumatera Utara dan Bengkulu.

Tapi untuk tingkat Provinsi, nilai AKIP tertinggi diperoleh Sumatera Selatan. Dengan nilai 80,01, Sumatera Selatan menjadi satu-satunya provinsi di Sumatera yang memperoleh predikat A. Provinsi Kepri mendapat predikat BB dengan nilai 70,13.

Deputi Reformasi, Birokrasi, Akuntabilitas, dan Pengawasan KemenPAN-RB, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan pihaknya secara kontiniu melakukan penilaian. Tahun 2017 82 kementerian/lembaga, 34 provinsi, dan 510 kabupaten/kota dievaluasi. Sedangkan untuk wilayah I yang terdiri dari Sumatera, Jawa Barat, dan Banten, tim mengevaluasi 11 provinsi dan 172 kabupaten/kota.

“Di wilayah I ada peningkatan rata-rata kabupaten/kota dari 49,87 jadi 54,43, dari C jadi CC. Dan tidak ada lagi yang D,” ujarnya dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi AKIP (LHE-AKIP) Wilayah I di Hotel Radisson Batam, Kamis (25/1).

Menteri PAN-RB, Asman Abnur menargetkan tahun 2019 mendatang tidak ada lagi kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah yang nilai AKIP-nya C. Ia berharap nilainya bisa minimal B.

“Kalau masih ada kepala daerah yang nilai hasil LAKIP-nya di bawah B, saya anggap kepala daerahnya gagal. Kalau sudah menteri yang bilang kepala daerah gagal, nanti bisa tidak dipilih lagi. Saya sampaikan, minimum B saja, sudah kembali ke jalan yang benar,” tuturnya.

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPIH Batam Ditetapkan Sebesar Rp 32 Juta di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk embarkasi Batam ditetapkan sebesar Rp 32.456.450. Besaran biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *