Home / Daerah / Batam / Muslim Batam Jemput Ramadhan dengan Mengaji Massal

Muslim Batam Jemput Ramadhan dengan Mengaji Massal

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Silaturahmi Dewan Kemakmuran Masjid (Forsil DKM) mengadakan Batam Mengaji, Menjemput Ramadhan. Kegiatan ini akan digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Sabtu (12/5) mendatang.

“Target kita 20 ribu peserta. Lokasinya di Engku Putri karena jantung Kota Batam dan aksesnya mudah dicapai masyarakat. Kita juga undang jemaah dari luar Batam,” kata Ketua Panitia Batam Mengaji, Sawindu Yudha, Senin (7/5).

Acara Batam Mengaji ini akan dimulai pukul 16.00 WIB, atau setelah shalat Ashar. Peserta diminta berkumpul di Engku Putri sebelum Ashar, dan diarahkan untuk shalat berjamaan terlebih dulu di Masjid Raya Batam Centre.

“Rencana kita selesai sebelum Maghrib. Jadi saat adzan, kita arahkan peserta untuk shalat berjamaah di Masjid Raya lagi,” tuturnya.

Menurutnya kegiatan ini mengambil konsep mengaji dalam bentuk kolosal. Nanti peserta akan dibagi dalam halaqah atau kelompok kecil. Tiap kelompok berisi 10 peserta. Dan tiap peserta akan diminta membaca 10 ayat Al-Quran.

“Al-Qurannya peserta bawa sendiri. Tapi nanti kami akan tetapkan, satu peserta 10 ayat. Untuk pakaian, disesuaikan dengan seragam kelompok atau kelembagaannya masing-masing,” kata Windu.

“Meski menekankan pada mengaji, ada kegiatan lain sebagai pemanis. Pemanisnya itu nanti kita gunakan koreografi manusia membentuk lafaz Allah di tengah lapangan,” sambungnya.

Windu mengatakan Batam Mengaji, Menjemput Ramadhan ini juga didukung Pemerintah Kota Batam, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, serta Kementerian Agama Kota Batam. Kepala Kantor Kemenag Batam, Erizal Abdullah sangat mendukung kegiatan Batam Mengaji tersebut.

“Alhamdullillah, acara ini sangat bagus, kita dukung. Kita sudah rapat beberapa kali untuk menyukseskan acara ini,” kata Erizal.

Ia mengajak seluruh umat muslim Kota Batam untuk mengikuti acara ini. Karena sekaligus bentuk doa agar Batam lebih maju dan baik ke depannya.(kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *