Home / Wisata / Moondarhanna, Pantai Bak Bulan Merona di Subang Mas
Pantai Moondarhanna (foto:sb)

Moondarhanna, Pantai Bak Bulan Merona di Subang Mas

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pantai Moondarhanna bagaikan permata bagi Pulau Subang Mas. Pantai yang cantik dan merona di saat terik.Warga setempat lebih senang menyebut sebagai Pantai Permata. Sesuai cerita dari Rahman, pengelola Pantai Moondarhanna bahwa dulunya di pantai ini didiami oleh para saudagar Cina yang berjualan emas. Diperkirakan nama Moondarhanna berasal dari saudagar Cina yang dalam masa jaya-jayanya ramai berdagang emas.

Moondarhanna bermakana sejuk, yang secara umum diartikan Rahman dari asal kata Moon: Bulan. Enak dilihat dan menyejukkan. Benar, berada di pulau yang berdurasi 35 menit dari Pelabuhan Rempang Cate, Galang ini memang sejuk. Meskipun tidak banyak pohon kelapa tapi anginlah yang membawa hawa sejuknya.

Pantai Moondarhanna adalah pantai yang berlokasi di Pulau Subang Mas. Pulau yang kembali gencar diperkenalkan sebagai daerah tujuan wisata di berbagai media daring di Batam saat ini. Padahal keberadaanya sudah sudah lama. Bahkan keberadaannya memiliki sejarah tersendiri yang kaitannya dengan kerajaan Daik-Lingga.

Tipikal pantai Moondarhanna beda dari pantai kebanyakan di Batam. Terdapat banyak bebatuan granit yang tersebar dipinggir pantai, seperti pantai-pantai berbatuan di Bintan. Bedanya batuan-batuan di sini berwarna merah bata, tidak seperti batu granit di pantai – pantai Bintan. Batu-batu itu diperkiran Rahman adalah puing-puing dari pemukiman saudagar Cina. Datang pada hari kerja jadi lebih leluasa menikmati pantai. Pasalnya tiap weekend dikatakan Rahman hampir selalu ada yang berkunjung. Tidak dari Batam saja, tetapi juga dari Singapura dan Malaysia.

Pantai Moondarhanna memiliki badan pantai yang tidak begitu panjang, tapi menyisakan space pasir yang cukup luas untuk bermain dan berlari-larian. Diperkirakan memiliki luas pantai sekitar 50 ha. Pasirnya hampir terlihat putih dan sudah dipastikan airnya jernih. Dijumpai binatang seperti ubur-ubur, terlihat jelas berenang di tepiang. Jumlahnya tidak banyak tapi sebaiknya tetaplah berhati-hati.

Baca Juga  Keindahan Lanscape dan Sunrise di Pantai Trikora Bintan

Pada siang hari, seolah-olah terang pantai ini, memancarkan cahaya. Sesuai namanya, bagai Permata. Seperti biasa, untuk benar-benar menyentuh pantai ini adalah melakukan aktivitas berenang. Suhu air lautnya terasa hangat. Bila tidak berkenan berenang, mungkin saja mengambil aktivitas lain seperti bermain di tepi pantai dan memancing di bebatuan.

Akses

Menuju Pulau Subang Mas dapat ditempuh melalui jalur pelabuahan rakyat punggur dan pelabuhan rakyat Rempang Cate, Galang. Tapi, alternative yang lebih dekat adalah lewat jalur Rempang Cate. Harga sewa perahupun lebih murah dan jarak tempuhnya lebih dekat sekitar 30-40 menit Rempang Cate-Subang Mas.

Jalur laut yang diseberangi terbilang aman karena banyak diapit pulau-pulau. Menuju Rempang Cate sudah tersedia bus mandiri. Namun, dari persimpangan Rempang Cate Anda harus mencari kendaraan lain menuju pelabuhan rakyat. Sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan bila mengambil jalur punggur, perjalan lebih lama dan gelombang laut cukup kuat. Biaya masuk pantai Rp 15 ribu per orang. (sb/net)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tahun 2018, 70 Persen Even Wisata Batam Berskala Internasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Event merupakan salah satu pilar yang tak kalah penting dalam pengembangan pariwisata. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *