Home / Daerah / Batam / Menlu RI dan Singapura Meresmikan NDP Batam
Peresmian Operasional Nongsa Digital Park oleh menteri luar negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan menteri luar negeri Singapura Vivian Balakrish.

Menlu RI dan Singapura Meresmikan NDP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Nongsa Digital Park (NDP) di Nongsa, Batam, resmi beroperasi mulai hari Selasa tanggal 20 Maret 2018. Peresmian beroperasinya NDP tersebet dilaksanakan oleh menteri luar negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan menteri luar negeri Singapura Vivian Balakrish.

NDP merupakan salah satu kerja sama antara Indonesia dengan Singapura. Batam telah dijadikan sebagai jembatan digital dari Singapura menuju Indonesia melalui Batam. Kedua negara telah memberi dukungan melalui berbagai lembaga terutama lewat lembaga pendidikan yang bertujuan meningkatkan keterempilan siswa IT Indonesia. NPD saat ini dijadikan rumah untuk  65 dosen dari seluruh indonesia untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan ekonomi digital baru.

“NDP merupakan platfrom yang strategis untuk mengembangkan bisnis digital di Indonesia dan global”, kata direktur NDP, Michael willuan.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengaku bangga dengan diresmikannya NDP. hal ini menunjukkan bahwa Kepri selalu mempunyai daya saing dalam segala sektor.

“Inilah bentuk terobosan baru. Menurut Singapura EDB, Batam masih menjadi primadona untuk investasi”, katanya

Menlu Retno Marsudi mengatakan, pemerintah pusat sudah menyadari bahwa industri digital kelak akan menjadi tulang punggung negara. Makanya pengembangan e-comerce, financial technilogies (fintech), dan artificial intelligence (AI) akan terus digalakkan untuk mendukung upaya tersebut.

“Kemudian yang perlu dilakukan akan memperluas akses digital dan mengembangkan talenta-talenta muda di Indonesia. Apalagi di negara kita, 100 juta orang ternyata pandai menggunakan internet”, katanya

NDP itu merupakan pilot project yang sangat diharapkan dapat mendongkrak peningkatan investasi start up di Batam. “Ini berkaitan juga dengan meningkatkan kepercayaan diri Indonesia dalam kompetensi dunia digital”, jelasnya.  (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *