Home / Daerah / Lingga / Mengunjungi Tempat-Tempat Wisata di Pulau Singkep

Mengunjungi Tempat-Tempat Wisata di Pulau Singkep

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Lingga – Pulau Singkep merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Lingga yang berada di Propinsi Kepulauan Riau (Kepri). Pulau Singkep juga kaya akan objek pariwisata alam yang dapat kunjungi masyarakat luas secara bebas, seperti :

  1. Obyek Wisata Air terjun Batu Ampar
  2. Obyek Wisata Batu Berdaun, dan
  3. Obyek Wisata air Panas.

Sayangnya, tempat – tempat wisata yang berada di Pulau Singkep tersebut belum begitu dikenal secara luas.

Wisata Alam Air Terjun Batu Ampar

Dabo Singkep memiliki banyak tempat indah untuk dikunjungi. Salah satu yang cukup dikenal bagi warga setempat ialah Air Terjun Batuampar di Dabo Singkep. Perjalanan ke tempat wisata air ini sangat mudah karena dapat ditempuh melalui jalan utama. Memang, paling cepat ialah menggunakan sepeda motor dari Dabo Singkep, atau bagi pelancong yang datang melalui Pelabuhan Jago bisa langsung memesan mobil untuk mengantarkan Anda sampai ke lokasi.

Batu Ampar adalah salah satu objek wisata di dabo singkep, objek wisata ini merupakan objek wisata air terjun. Obejek wisata ini cukup di gemari oleh masyarakat Dabo Singkep dan sekitarnya. Apabila pada hari libur objek wisata air terjun ini sering sekali di di kunjungi sama pengunjung. Lokasinya cukup bagus dan masih alami, banyak di tumbuhi pohon.

Air terjun Batuampar ramai jika hari libur. terletak di bawah kaki Gunung Muncung, pesona air terjun ini akan selalu menggoda untuk dikunjungi dan dikunjungi lagi.

Pemandian air terjun Batuampar, menyediakan beberapa kolam yang dibedakan dari tingkat usia pengunjung. Seperti kolam renang untuk usia anak-anak yang belum pandai berenang, dapat menikmati kolam kecil yang tidak terlalu dalam yang masih bisa diawasi oleh para orang tua mereka. Sementara, bagi pengunjung yang sudah terbiasa dan pandai berenang, disediakan pula kolam renang besar yang kedalamannya berkisar sekitar dua meter lebih. Di kawasan pemandian air terjun Batuampar ini, juga disediakan beberapa tempat pendukung lainnya seperti, tempat makan, taman bermain anak-anak dan tambak kolam ikan yang didalamnya terdapat beberapa jenis ikan air tawar, seperti ikan nila, ikan bawal dan beberapa jenis ikan lainnya yang juga banyak diminati oleh pengunjung wisatawan air terjun Batuampar.

Hampir semua sudut tempat wisata ini bisa menjadi tempat yang menarik. Di depan air terjun, dibangun pondokan yang cukup kuat dan kokoh. Biasanya tempat ini dimanfaatkan untuk bersantap bersama keluarga. Jika tak tertampung di sini, warga boleh menggelar tikar atas alas lain yang dibawanya dari rumah. Pepohonan nan rindang akan menjadi payung dari panas atau terik matahari yang menyengat.
Semakin mendekati bibir air terjun, riak airnya langsung menyapa kulit pengunjung. Di sini ada sebuah jembatan lama yang menarik untuk dilewati. Saat bergoyang-goyang, menimbulkan sensasi tersendiri bagi meraka yang berani melintas di atasnya.

Wisata Alam Pantai Batu Berdaun

Pantai Batu berdaun terletak didesa batu berdaun yang berjarak 8 Km dari dabo . pantai yang membentang menghadap kearah tenggara memiliki butiran pasir yang halus dan berwarna putih dan di tumbuhi berbagai macam flora diantaranya Cemara anggin yang sering disebut penduduk ‘pokok Ru’, Kelapa,pandan pantai,dan Leban pantai. Nama batu berdaun sendiri diberikan karena dipantai ini terdapat sebuah batu yang ditumbuhi pohon yang bagi para penggemar Bonsai dinamakan saike,entah sudah berapa tahun usia pasti pohon yang tumbuh diatas batu itu, pada mulanya pohon yang tumbuh di batu tersebut adalah pohon leban pantai, namun kini pohon cemara anginpun tumbuh di batu tersebut.

Baca Juga  Perairan Pulau Dedap Alternatif Wisata Bawah Laut Batam

Itulah mungkin kenapa pantai ini di namakan pantai batu berdaun yakni batu yang terdapat daun atau ditumbuhi pohon. suasana yang begitu asri dan indah membuat pantai ini menjadi bagian tempat vaforit bagi keluarga yang mengisi liburan untuk bersantai bersama keluarga dan bagi pelajar atau pemuda di singkep pantai ini juga menjadi pilihan untuk dijadikan tempat camping, apalagi saat perayaan tahun baru boleh dikatakan dipantai inilah pusatnya perayaan pergantian tahun itu untuk masyarakat singkep.

Objek wisata yang satu ini memiliki sedikit keunikan, sama seperi namanya di daerah ini kita akan manjumpai sebuah batu yang ditum buhi pohon. Nama Batu berdaun ini sendiri diambil dari batu dan pohon tersebut. Objek wisata ini juga cukup indah karena ini merupakan objek wisata pantai dan sangat di gemari oleh masyarakat kota Dabo Singkep, namun sedikit disayangkan keadaan objek wisata ini kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat. Keadaan pantai ini cukup bersih dan indah, warga yang tinggal di daerah ini juga sebagian juga berpencaharian sebagai nelayan dan ada juga yang bekerja mangumpulkan batu-batu yang ada di pantai.
Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh warga kabupaten Lingga khususnya kecamatan Singkep. Keunikan pantai ini tidak hanya batu berdaun itu sendiri, namun pantai ini juga indah. Pasir pantainya berwarna putih yang terbentang luas antara Desa Kampung Baru dengan Desa Kebun Nyiur. Bukan hanya itu, pantai ini diapit oleh sebuah kolong (sejenis danau kecil) dengan airnya yang berwarna hijau.

Wisata Alam Pemandian Air Panas

Ini merupakan satu-satunya objek wisata pemandian air panas yang terdapat di kota Dabo Singkep. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Dabo Singkep namun masih cukup banyak pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini, karena objek wisata ini sangat tenang dan nyaman karena berada jauh dari keramaian. Di tempat ini terdapat 3 buah kolam air panas, dimana suhu ketiga kolam ini berbeda-beda. Namun sekarang jalan menuju Pemandian Air Panas sudah diaspal.

Pemandian air panas ini bersumber dari mata air belerang. Bernuansa alami serta bernaung di bawah pohon yang rindang, salah satu objek wisata yang berada di Pulau Singkep, Kabupaten Lingga ini menjadikannya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Wisata Pemandian Air Panas Dabo Singkep merupakan salah satu tempat tujuan wisata bagi wisatawan yang datang ke Pulau Singkep, Kabupaten Lingga.

Di lokasi Wisata Pemandian Air Panas Dabo Singkep tersedia beberapa kolam pemandian yang dibedakan berdasarkan tingkat suhu panas air, yakni kolam yang bersuhu rendah, suhu sedang, hingga kolam yang bersuhu panas. Sumber mata air panas Wisata Pemandian Air Panas Dabo Singkep ini berasal dari belerang yang keluar dari dalam perut bumi. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, Wisata Pemandian Air Panas Dabo Singkep ini juga digunakan untuk melakukan refleksi tubuh serta terapi kulit bagi pengunjung yang datang.

Selain tersedia kolam pemandian dengan tingkat suhu panas air, saat ini di lokasi pemandian juga tersedia kolam pemandian biasa serta fasilitas pondok dan kantin sebagai tempat untuk bersantai bagi pengunjung.

Dengan pesona alaminya Wisata Pemandian Air Panas Dabo Singkep, untuk menuju ke tempat wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 20 menit atau lebih kurang 15 km dari kota Dabo Singkep dengan akses jalan yang sudah diaspal sampai ke lokasi pemandian. (singkepgaleri/singkeptour/sw)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BP Batam Mempromosikan Pariwisata Batam ke Bali

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Pengusahaan (BP) Batam mempromosikan potensi unggulan industri dan pariwisata Kota Batam Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *