Home / Pendidikan / Market Day SDN 09 Bengkong
Siti Jamiah, kepsek SDN 09 Bengkong (baju putih) dan Farida Heldanis ketua panitia market day

Market Day SDN 09 Bengkong

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai bentuk pembelajaran tematik dengan praktik langsung dengan bab kewirausahaan, SDN 09 Bengkong menggelar Market Day, jumat (16/12), yang diikuti siswa kelas 4-6 yang terdiri dari 7 kelas, dan mendirikan 7 lapak jajanan pasar dan makanan sehat. Kegiatan ini khusus membuat makanan sehat, bergizi sesuai dengan kreatifitas siswa.

Ketua panitia Farida Heldanis, saat dikonfirmasi Hangtuah Pos mengatakan bahwa market day ini merupakan ajang penutup pembelajaran semester 1. “Acara dimulai pukul 08.00, sebelumnya dilakukan pembinaan imtaq pada siswa, kemudian disambung dengan market day. Orang tua siswa ikut membeli, tujuannya memang untuk melatih kreatifitas, kemandirian, kejujuran, keberanian, pada diri siswa, dan pembelajaran bahwa untuk mendapatkan rejeki halalan toyiban mereka harus mendapatkannya dengan kerja keras/usaha, tidak dengan instan, sehingga kelak kedepannya mereka mempunyai mental untuk bekerja keras bila ingin mendapatkan penghasilan, tidak dengan mencuri, korupsi dan tindakan kriminal lainnya,” tandas Farida.

Tampak para siswa antusias menjajakan dagangannnya kepada pengunjung yang datang baik itu orang tua siswa sendiri maupun warga masyarakat sekitar sekolah. Lanjut Farida, kegiatan ini perdana digelar untuk kelas 6 khususnya, sebagai bentuk pembelajaran praktik untuk wirausaha dimana materinya sudah dilakukan di kelas. “Diaplikasikannya hari ini, pemenangnya diumumkan sabtu (17/12) sebelum pembagian rapor. Adapun siswa membuat krupuk kentang, puding, mie goreng, telur asin, jajanan pasar, nasi lemak, dan masih banyak lagi kreasi makanan sehat,” ujar Farida.

Rangkaian kegiatan market day siswa SDN 09 Bengkong
Rangkaian kegiatan market day siswa SDN 09 Bengkong

Terakhir Kepsek SDN 09 Bengkong Siti Jamiah, menyampaikan harapannya agar dengan kegiatan ini siswa supaya beraktifitas dengan baik, jujur. “Dan untuk berani mencoba berkarya, mandiri, insya Allah tahun depan akan menggelar kegiatan yang sama dengan mengundang sekolah lain yang terdekat,” ucapnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *