Home / Internasional / Malaysia Hanya Akan Serahkan Jasad Kim Jong-Nam ke Keluarga

Malaysia Hanya Akan Serahkan Jasad Kim Jong-Nam ke Keluarga

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Menteri Kesehatan Malaysia menegaskan bahwa jenazah Kim Jong-Nam tidak akan diserahkan kepada otoritas Korea Utara (Korut). Malaysia menyatakan pihaknya hanya akan menyerahkan jenazah Jong-Nam pada anggota keluarganya.

Pernyataan ini disampaikan Menkes Malaysia, Dr S Subramaniam, menanggapi kehadiran delegasi Korut untuk membahas pemulangan jenazah Jong-Nam. Seperti dilansir media Malaysia, The Star, Rabu (1/3/2017), Subramaniam membenarkan bahwa delegasi Korut itu telah menemui anggota Kabinet Malaysia.

Kepada wartawan dalam konferensi pers, Subramaniam menegaskan, pemerintah Malaysia akan tetap teguh menolak permintaan agar jenazah Jong-Nam diserahkan kepada Korut. “Mereka (delegasi Korut) tidak menemui saya. Mereka menemui anggota kabinet yang lain,” sebutnya.

Lebih lanjut, Subramaniam menyatakan, bahwa pemerintah Malaysia akan tetap menjalankan protokol yang berlaku. “Sebagai contoh, kita telah mengidentifikasi dan menemukan penyebab kematian, yakni karena racun saraf. Kita tidak akan mengubah itu,” terangnya.

“Kita juga tidak akan menyerahkan jenazah korban (Jong-Nam) hingga teridentifikasi. Dan kita hanya akan menyerahkan jenazahnya kepada orang yang berhak, yaitu anggota keluarganya,” tegas Subramaniam.

Ditambahkan Subramaniam, bahwa hingga kini belum ada juga anggota keluarga Jong-Nam yang menghubungi otoritas Malaysia. Namun, lanjutnya, otoritas Malaysia tidak memberlakukan batas waktu bagi keluarga Jong-Nam untuk muncul dan mengidentifikasinya, sebelum membawa pulang jenazahnya.

“Jika tidak ada yang muncul untuk mengidentifikasi dan mengklaim jenazahnya, maka keputusan harus diambil oleh pemerintah (Malaysia),” tandas Subramaniam, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dia menyebut, urusan komunikasi dengan keluarga Jong-Nam ada di tangan Kepolisian dan Kementerian Luar Negeri Malaysia. (dtk)

Baca Juga  PM Najib Razak Tegaskan Malaysia Tak Akan Putus Hubungan Dengan Korea Utara

About admin

Lihat Juga

Kemlu Serahkan 6 ABK Eks-Sandera di Benghazi ke Keluarga

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan serah terima enam orang ABK yang menjadi korban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *