Home / Pendidikan / Makna Idul Adha SMK dan SMP Kartini 1. Pembelajaran Untuk Siswa Meneladani Ismail

Makna Idul Adha SMK dan SMP Kartini 1. Pembelajaran Untuk Siswa Meneladani Ismail

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Masih dalam suasana idul adha, selasa (13/9) sekolah menggelar prosesi penyembelihan hewan kurban serta mendistribusikannya kepada fakir miskin. Di SMK Kartini, kegiatan diawali pukul 08.00 dengan pengumpulan donasi hewan dari siswa, lalu dilaksanakan penyembelihan.

“Tahun ini kita memperoleh 9 ekor kambing donasi dari guru dan siswa, siswa ada yang murni berkurban, ada yang latihan berkurban, tujuannya untuk pembelajar agama islam, hari ini adalah selain merayakan hari raya, juga implementasi pembelajaran tata cara dan penyembelihan hewan kurban, memberikan pelatihan kepada siswa tata cara berkurban, pencerahan kepada siswa apa makna hari raya idul adha dari segi pengorbanannya, hasil sembelihan kira-kira menjadi 80 bungkus daging dan kita distribusikan ke masyarakat lingkungan sekitar sekolah dan orang fakir miskin.

Tahun lalu kita memperoleh 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing, tahun ini jumlah kurban agak berkurang karena guru berkurban diluar sekolah, ada juga siswa yang belajar berkurban jumlahnya juga agak berkurang, yang khusus untuk pembelajaran kurban ada 3 ekor kambing.” kata Drs. Yusman Johar, wakil kepsek SMK Kartini kepada hangtuah pos disela prosesi penyembelihan seraya mengatakan untuk siswa beragama lain, budha pergi ke vihara, yang kristen membantu teman yang beragama islam melaksanakan prosesi kurban. Penyembelihan disambung dengan ceramah agama yang disampaikan oleh ustad Faturrozi LC dari ikatan DAI Indonesia Batam, dengan tema meneladani Ismail. Dalam hal ini mencontoh Ismail, dalam hal ini sebagai legenda qurban, bahwa berbakti kepada orang tua adalah perbuatan sebaik-baik amal.

20160913_093816
Ustad Faturrozzi saat memberikan ceramah di smk kartini pada momen Idul Adha selasa (13/9)

Sedangkan di SMP Kartini 1, Nice Arisandi S.Si, Waka kesiswaan mengatakan tahun ini mereka memperoleh 2 ekor sapi donasi dari 13 orang siswa gabung kelas VII-IX dan 1 orang guru. ” Tahun lalu, kita dapat 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing, kita donasikan ke warga masyarakat pulau seraya dan setokok, masyarakat fakir miskin di sekitar sekolah dan guru.” ujar Nice. M. Asrori guru agama SMP Kartini 1 menimpali hasil kurban menjadi 200 bungkus. Yang di pulau ada yang mengambil kemari, yaitu perwakilan dari tokoh masyarakatnya, distribusi tahun lalu sama dengan tahun ini, harga hewan kurban melambung sehingga donasi berkurang, pukul 07.00 dimulai dengan pelaksanaan ritual shalat dhuha dan shalat hajat untuk kelancaran prosesi korban, lalu ceramah agama, penyembelihan, serah terima pemilik kurban kepada panitia.

Baca Juga  Sekolah Kartini Pada Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2016
20160913_084118
Proses penyembelihan sapi di SMP Kartini 1

Pukul 13.00 Silahturahmi seluruh sekolah kartini, dari mulai TK, SD, SLB, wali murid, pengurus ykb, dan ketua YKB kami, ibu Srie Soedarsono juga hadir, harapannya semoga Allah memberikan kemudahan bagi seluruh siswa atas kurbannya, dan mempunyai kepedulian kepada masyarakat dhuafa sebagai bentuk wujud ukhuwah islamiyah, peduli sesama, siswa menjadi anak sholeh dan sholeha seperti teladan nabi Ismail.” tutup Asrori. (dian)

 

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *