Home / Budaya / Mahasiswa Kepri di Solo Terus Harumkan Nama Kepri

Mahasiswa Kepri di Solo Terus Harumkan Nama Kepri

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Melanjutkan pendidikan di kota budaya tepatnya Kota Surakarta Solo, membuat pelajar dan mahasiswa asal Kepri di sana mendapatkan kesempatan untuk menunjukan keahliannya dibidang seni. Ragam kegiatan dilakukan tanpa kenal lelah untuk membesarkan dan perkenalakan provinsi Kepri di taraf Nasional, dan itu dilakukan oleh perkumpulan pelajar dan manasiswa IPMKR.

Nama IPMKR singkatan dari Ikatan Pelajar Mahasiswa Kepulauan Riau Surakarta, merupakan perkumpulan pelajar dan mahasiswa asal Provinsi Kepri yang menempuh pendidikan di kota Surakarta. Selain menimba ilmu, anggota IPMKR Surakarta tak pernah letih berkreatifitas dan selalu berusaha memperkenalkan dan mengharumkan nama Kepuluan Riau. Mereka selalu terlibat di setiap event yang diadakan oleh Pemerintah Kota Solo yang berskala kampus, nasional dan juga internasional.

Tidak tanggung-tanggung, dalam rentang seminggu mahasiswa Kepri di Solo mengikuti empat event sekaligus. Dan dalam event-event tersebut, mereka bersemangat dengan senang hati untuk mewakili Provinsi Kepri. Even itu adalah International Mask Festival 2016, Festival Seni Tradisi Muda Indonesia, Jong Parade 2016, dan Festival Apresiasi Mahasiswa.

Sebagai mana yang telah diberitakan sebelumnya, tanggal 28-29 Oktober 2016 International Mask Festival 2016 kembali digelar oleh Pemkot Solo. Mahasiswa Kepri memukau masyarakat Kota Solo dan turis manca negara dengan seni tradisi topeng makyong. Dan, di tanggal yang sama dan di tempat yang berbeda pula, Veonella sukses dengan tarian kolaborasi dengan Mahasiswa daerah lainnya di Festival Seni Tradisi Muda Indonesia. Sedangkan Pasha dan Dinda, mampu menarik perhatian dengan pakaian Melayu daerah Kepri.

Keesokkan harinya tanggal 30 Oktober 2016, tanpa mengenal lelah Mahasiswa kepri di Solo dengan bangganya memperkenalkan Provinsi Kepulauan Riau di Jong Parade 2016. Mereka mengikuti pawai di sepanjang jalan Slamed Riyadi Solo, dengan mengenakkan pakaian Melayu, kompak meneriakkan Nama Kepri, dan tampil molek membawakan Tari Melayu Kepri dihadapan Kepada Dikpora kota Solo di panggung yang telah disediakan oleh panitia.

Baca Juga  Masjid Penyengat Peninggalan Kerajaan Melayu Abad ke-19

Mahasiswa Kepri yang tergabung dalam IPMKR Surkarta ini kembali membawa nama Provinsi Kepulauan Riau di acara yang diselenggarakan oleh salah satu kampus terbesar di kota Solo, Mereka kembali memperkenalkan provinsi Kepulauan Riau, dengan pakaian adat Melayu dan dengan kata sapaan khas Melayu Kepri di acara pembukaan Festival Apresiasi Mahasiswa.

“Korang semue ape kabar?” sambut Parwila Qonitah di hadapan penonton yang hadir pada malam itu. Molek sangat wai!” sambung nando diselang gemuruh tepuk tangan.

Di acara puncaknya tanggal 25 November nanti, IPMKR Surakarta akan unjuk kebolehan dengan menampilkan tari Melayu Kreasi yang digarap sendiri oleh mereka di sanggar Sri Gelama Laksamana IPMKR surakarta.

”Tidak berhenti sampai disini, Insyaa Allah kami akan selalu memperkenalkan dan mengharumkan nama provinsi Kepri di kota Solo. kami akan memanfaatkan setia waktu yang ada. Kami selalu mengharapkan dukungan dan bantuan dari pemerintah provinsi Kepri. Baik itu dari pengadaan barang-barang inventaris seni, maupun hal-hal lainnya demi kelancaran dan kesuksesan kami dalam setiap event yang diikuti. Kami pun siap bekerjasama dengan Pemprov Kepri untuk mengadakan event di Solo.” tutup Rozid sebagai ketua IPMKR Surakarta. (wk/rozid)

About admin

Lihat Juga

Apresiasi Anugerah Batam Madani 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai wujud apresiasi pemerintah kota Batam kepada 10 tokoh yang membawa pengaruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *