Home / Pendidikan / Lulusan SMKN 1 Tanjungpinang Akan Diberi Sertifikat Internasional
DELISBETH didampingi Kadisdik Kepri Arifin Nasir dan pihak B One Corporation menunjukkan kerja sama sertifikat kerja sama kedua belah pihak di SMKN 1 Tanjungpinang, baru-baru ini.

Lulusan SMKN 1 Tanjungpinang Akan Diberi Sertifikat Internasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Lulusan SMKN 1 Tanjungpinang tahun 2018 ini sedikit berbeda dengan lulusan-lulusan sebelumnya. Karena tahun ini, siswa Kelas III atau Kelas XII akan diberi bekal tambahan yakni sertifikat internasional. Kepala SMKN 1 Tanjungpinang, Delisbeth mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu merupakan yang pertama di Kepri melakukan sertifikasi internasional untuk guru-gurunya. Para guru inilah nanti yang menjadi trainer saat melakukan Training of Trainer (ToT) bagi siswanya. ToT mulai digelar April nanti setelah Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK).

UKK digelar 9-12 April. Sedangkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK digelar pada 2-5 April. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) digelar, Senin 17 Maret nanti dan akan digelar beberapa hari. Dijelaskannya, semua siswa kelas III boleh mengikuti ToT ini. Yang mengajar nanti adalah guru-guru SMKN 1 Tanjungpinang yang sudah mengantongi sertifikat internasional sesuai jurusannya masing-masing.

Untuk mendapatkan sertifikat internasional, maka siswa yang ikut ToT harus ujian lagi. Ujian akan dilakukan PT Satu Visi Indocreative atau B One Corporation, lembaga yang khusus melakukan sertifikasi internasional. Ujian akan dilakuka secara online. Setiap siswa yang ikut ujian harus membayar Rp 225 ribu. Jumlah ini jauh lebih murah dengan biaya umum Rp 750 ribu hingga Rp 950 ribu per orang. Harga ini bisa lebih murah karena B One Corporation telah menekan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak SMKN 1 Tanjungpinang selaku perwakilan mereka di Kepri. Sedangkan biaya ujian siswa akan dibayar pihak sekolah melalui dana BOS (Bantuan Operasional Siswa). Karena anggaran terbatas, tidak semua siswa bisa mengikuti ujian itu.

”Lulus tidak lulus harus bayar. Kalau semua kita ikutkan, anggarannya tak cukup. Makanya kita seleksi lagi nanti siapa yang paling layak mengikuti ujian itu,” ujar Delisbeth via ponselnya, Rabu (14/3).

Untuk menentukan siapa saja siswa yang akan ikut ujian online itu maka guru trainer akan melakukan seleksi ketat.Selain kemampuan di bidangnya, yang paling penting diperhatikan lagi adalah kemampuan siswa itu berbahasa Inggris. Mengingat sertifikat yang akan dikantongi level internasional, maka Bahasa Inggris menjadi panduan utamanya. Sehingga, siswa yang tidak mahir berbahasa Inggrisakan sia-sia ikut ujian lantaran tidak akan memahami soal-soal yang diberikan B One orporation Ujian secara online ini sangat transparan. Tidak ada istilah titipan. Karena hasil jawaban mereka akan langsung diketahui.

Sebenarnya, kata Delisbeth, siswa Kelas II bisa juga ikut ToT dan ujian online. Namun, mereka utamakan yang Kelas III mengingat sebentar lagi akan lulus, sehingga bisa mengantongi sertifikat internasional sebagai pendamping ijazahnya.

Saat ini, ada 491 siswa Kelas III di sekolah itu yang akan lulus nanti. Apabila semua siswa diikutkan ujian online, maka anggarannya Rp 110.475.000. Anggaran yang sangat besar jika diambil dari dana BOS. Sedangkan siswa tidak dibebani membayarnya. Adapun guru-guru SMKN 1 Tanjungpinang yang mengikuti ToT untuk jurusan, 1. TKJ – MikroTik Academy MTCNA & MTCRE. 2. MM – ACA Photoshop CS 6. 3. AK & Perbankan Syariah – MYOB Certified User Accounting V.24. 4. AP – MOS Word 2016. 5. Pemasaran & UPW – MOS PowerPoint 2016. MOU Training & Certification Center (TCC) International Certification Program (ICP) SMK N 1 Tanjungpinang waktu itu dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Drs. H. Arifin Nasir M.Si.(mar-tp)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Gubernur Nurdin : MTQ Harus Bisa Membumikan Alquran

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Lingga – Salah satu yang terpenting dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah bisa membumikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *