Home / Pendidikan / LKS Propinsi Kepri 2017, Batam dan Tanjung Pinang Sama-sama Unggul
pembukaan LKS propinsi kepri 2017 diawali dengan pemukulan gong oleh asisten 2 gubernur kepri, syamsul bachrum (foto:dian)

LKS Propinsi Kepri 2017, Batam dan Tanjung Pinang Sama-sama Unggul

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat propinsi Kepri 2017 betul-betul menjadi momen penting bagi dunia pendidikan dan sumber daya manusia khususnya bagi siswa itu sendiri, pemerintah kota dan daerah maupun dunia industri. Adapun pelaksanaan LKS propinsi kepri, dibuka rabu (15/11/17), berlangsung di ballroom golden prawn, Bengkong. Adapun pelaksanaan LKS sendiri hingga hari sabtu (18/11/17) di 3 tempat, yakni di Batam, Tanjung pinang dan Bintan.

Hadir saat pembukaan, kabid pembinaan SMK propinsi Kepri Dr. Muhammad Dali, MM, asisten 2 prop kepri syamsul bahrum, PhD, kabid disdik kota batam Muslim Bidin, ketua forum MKKS se propinsi kepri sekaligus ketua pelaksana LKS propinsi Kepri Baharuddin Sitepu, ketua MKKS kota batam Mus Mulyadi, pimpinan dudi se propinsi kepri, kepsek SMK se propinsi kepri, serta seluruh peserta siswa SMK se propinsi Kepri terpilih. Adapun jumlah peserta sebanyak 108 orang, dan melombakan 31 bidang lomba, batam 25 bidang lomba, Tanjung pinang 4 bidang lomba, dan Bintan 2 bidang lomba. Dewan juri dari level nasional berjumlah 8 orang, sisanya dari propinsi bekerjasama dengan asosiasi dudi dan poltek untuk 31 bidang lomba.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tari persembahan, doa, disambung dengan de ville dari masing-masing SMK se propinsi Kepri, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana LKS propinsi Kepri Baharuddin Sitepu, dilanjutkan dengan sambutan dari asisten II Gubernur Kepri, Syamsul Bachrum, disusul dengan pemukulan gong olehnya, lalu dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bantuan bus dari pemerintah propinsi kepri kepada SMKN 2 batam, di tutup dengan pengalungan tanda peserta kepada 2 siswa SMK sebagai simbolik lomba dimulai. Acara pembukaan juga diwarnai dengan tampilan permainan biola oleh para siswa SMK Kundur.

Kepada pers, Syamsul mengatakan bahwa pada dasarnya seluruh siswa SMK memiliki potensi keahlian, tinggal bagaimana dari pihak pemerintah dan dunia pendidikan membangun media kepada mereka untuk mengembangkan keahliannya agar bisa lebih kreatif, inovatif, sehingga yang nampaknya biasa saja bila diolah oleh tenaga pendidik yang memiliki vitalitas tinggi maka keahlian maupun bakat atau ide inovatif terpendam dari siswa pun bisa terangkat.

Dan di penutupannya, sabtu (18/11/17) di tempat yang sama, hadir kadisdik propinsi kepri, Drs. H. Arifin Nasir, kabid pembinaan SMK Dr. Muhammad Dali, MM, pimpinan dudi se propinsi Kepri, serta seluruh kepsek SMK se propinsi Kepri.

Pada sambutannya, Nasir menegaskan ia takkan main-main dalam upayanya mendukung penuh dunia pendidikan khususnya dalam mempersiapkan SDM yang mumpuni dan memiliki daya saing dunia industri yang tinggi. Ia berpesan agar menggali betul-betul skill dan kemampuan teknologi serta pariwisata daerah. Ia meminta dari seluruh daerah harus mau mengirimkan para siswanya berlaga di LKS agar bisa diketahui kompetensi siswanya, dan meminta agar dinas pendidikan kota bisa mendukung pelaksanaan LKS di wilayahnya dengan memberikan subsidi untuk pelaksanaannya. Dan apabila dalam memberikan sarana prasarana untuk sekolah harus dilihat kebutuhannnya.
Dari hasil lomba, SMKN 1 Batam dan SMKN 3 Tanjung Pinang unggul memperoleh banyak juara, disusul oleh SMKN 1 Tanjung Pinang, SMKN 2 Batam, dan SMKS Kartini Batam.

Terakhir, ketua pelaksana LKS Propinsi Kepri Baharuddin Sitepu berharap kegiatan LKS tersebut bisa menjadi barometer pemetaan kualitas pendidikan SMK se kepri, dan kedepannya dudi semakin meningkatkan bantuannya terhadap pengembangan SMK se kepri sesuai dengan harapan dari inpres no 9 tahun 2016, yakni ikut mengembangkan SMK. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *