Home / Pendidikan / LKBB III se-Kota Batam 2016 Kwarran 03.03. Sekupang
Regu siaga SD Cendana Batam

LKBB III se-Kota Batam 2016 Kwarran 03.03. Sekupang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kali ketiga gerakan Pramuka Kwarran 03.03. Sekupang menggelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) III tingkat Siaga hingga Penegak SD hingga SMA, minggu (13/11) bertempat di taman Gajah Mada Square Sekupang yang diikuti oleh 1475 peserta dan pendamping, yang terbagi atas regu siaga SD 38 tim, penggalang SMP 30 tim, dan penegak SMA 17 tim. Hadir pula pada acara pembukaan yakni Raharjo, dewan kehormatan kwarran Sekupang, Ketua Kwarran Sekupang Yubahar Yakub dan seluruh anggota Pramuka Kwarran 03.03. Sekupang.

Kepada tim Hangtuah Pos, Morena, sekretaris kegiatan LKBB III dan Dewi Safitri, bendahara LKBB III secara bergantian mengatakan LKBB ini mengambil 3 kategori juara. “3 kategori itu antara lain juara LKBB, juara danton terbaik, dan juara kostum terbaik,” ungkap Morena. “Masing-masing kategori terdiri atas juara 1-3 serta juara harapan 1-3 dari masing-masing tingkatan regu, dan pengumuman pemenang diumumkan usai semua regu tampil,” imbuh Dewi.

Perdana Sekolah Cerdana Ikut Serta
Turut serta tampil dalam LKBB III yaitu dari sekolah Cendana batam kota yang menurunkan 16 siswanya dari kelas 4 dan 5, yang langsung dikawal 2 pembinanya, Ul Amri dan Muhammad Nur.

Ditanya persiapan sebelum ikut serta, Amri menjelaskan tiap pagi 2 minggu sebelumnya telah dilakukan persiapan LKBB. “Tiap hari kamis ada latihan pramuka, namun menghadapi keikutsertaan perdana kami ini, kami persiapkan 2 minggu sebelum lomba tiap pagi sebelum masuk kelas,” ulasnya.

Rangkaian tampilan SD Cendana di LKBB III Kwarran Sekupang
Rangkaian tampilan SD Cendana di LKBB III Kwarran Sekupang

Dengan nomor urut 118, para siaga sekolah Cendana tampil memukau di gerakan baris-berbarisnya, dan di akhir tampilan, ada selipan jingle “aku bisa ting tang ting tung” sebagai selingan untuk variasi. “Sebetulnya variasi itu tidak wajib untuk tingkatan siaga tampil, namun kami selipkan jingle “aku bisa” untuk selingan saja,” ujar Amri.

Baca Juga  Pelantikan Pramuka Garuda Kwarran Batam Kota

Dewi mengungkapkan untuk siaga SD, kriteria gerak dan penilaian LKBB III tersebut terdiri dari 4 macam PBB murni, yaitu gerakan di tempat, gerakan berpindah tempat, gerakan dari berhenti ke berjalan dan sebaliknya, serta gerakan sambil berjalan/dari berjalan ke berjalan. “Empat kriteria tersebut ada lagi penjabaran kriteria penilaian sebagai kelengkapan gerakan pbb tiap regunya, sedang untuk penggalang SMP ada tambahan gerakan formasi dan penegak SMA ada tambahan gerakan formasi dan variasi,” papar Dewi.

Namun sayangnya, sekolah Cendana di tampilan perdananya masih belum memenuhi kriteria sebagai juara. Dalam hal ini Amri menimpali berharap akan lebih maksimal lagi persiapannya menghadapi LKBB IV tahun depan. “Disini anak-anak belajar untuk kompak, cermat mendengarkan aba-aba, serta tetap semangat, walau sekarang belum juara, bisa jadi pengalaman untuk lebih baik lagi kedepannya,” tutupnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *