Home / Peristiwa / Limbah Hitam Mengancam Keberlangsungan Sektor Pariwisata

Limbah Hitam Mengancam Keberlangsungan Sektor Pariwisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, menyatakan limbah minyak hitam yang mencemari wilayah perairan setempat mengancam keberlangsungan sektor pariwisata. Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira, di Tanjungpinang, Senin, mengatakan limbah berupa minyak menyerupai oli itu kerap mengotori perairan Bintan sejak beberapa tahun lalu.

“Limbah sudah memasuki perairan didalam kawasan wisata. Ini sangat mengganggu sektor pariwisata,” kata Luki.

Ia mengatakan pariwisata merupakan sektor unggulan Bintan. Limbah minyak tidak hanya mengotori perairan Bintan, melainkan juga mengancam nelayan dan mematikan ekosistem laut.

“Ini sudah seperti musim, setiap tahun pasti ada kejadian seperti ini. Kami sangat kecewa,” ujarnya.

Luki mengemukakan, masalah pencemaran limbah hitam tidak dapat diselesaikan Pemkab Bintan karena diduga bukan berasal dari kapal lokal. Ia juga menduga limbah tersebut bukan berasal dari perairan Bintan, melainkan terbawa arus dari wilayah lain.

“Tidak ada kapal lokal yang dapat memproduksi limbah minyak hitam sebanyak itu. Kalau pembuangan limbah di perairan Bintan, kemungkinan tidak sulit ditangkap aparat penegak hukum,” ucapnya.

Seharusnya, kata dia, Pemprov Kepri yang mengambil tindakan, sesuai dengan wewenang yang dimilikinya berdasarkan UU Nomor 23/2014 tentang Pemda. Pemerintah pusat juga seharusnya turun tangan, karena limbah diduga dibuang di perairan perbatasan oleh kapal asing.

“Kepri bertetangga dengan Singapura dan Malaysia. Apakah kapal asing yang melakukan tindakan tidak pantas itu atau tidak, pasti dapat terjawab jika ditangani secara serius,” katanya.

Tahun 2016-2017 isu pencemaran limbah hitam di Bintan dan Batam hangat dibahas pemerintah daerah dan pusat. Namun sampai sekarang belum menemukan jalan keluar. (ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kesenian Berbagai Daerah Warnai Sosialisasi Pemilu 2019

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Beragam kesenian ditampilkan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya dalam Rangka Menyambut Satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *