Home / Budaya / Lestarikan Budaya Lewat Festival Bahari Raja Ampat 2015

Lestarikan Budaya Lewat Festival Bahari Raja Ampat 2015

HANGTUAHNEWS.CO.ID, JAKARTA – Dalam waktu dekat akan digelar perhelatan Festival Bahari Raja Ampat 2015. Hal itu bisa menjadi sarana promosi serta membangkitkan peran serta masyarakat dalam melestarikan dan mengembangkan alam dan budaya masyarakat setempat.

“Melalui festival menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa kegiatan pariwisata akan meningkatkan kesejahteraan,” kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, seperti dilansir Republika, (08/10).

Menurut Arief, hal ini sesuai dengan tema peringatan Hari Pariwisata Dunia tahun ini ‘One Billion Tourists, One Billion Opportunities’. “Kemudian turunannya kita gunakan tema Semakin Dilestarikan, Semakin Mensejahterakan,” kata Menpar.

Penyelenggaraan festival bahari yang berbasis maritim dan keragaman budaya tersebut, kata Arief, selain akan menjadi sarana promosi pariwisata, juga menjadi wahana dalam pelestarian seni budaya masyarakat. “Kawasan Raja Ampat yang sudah mendunia ini bila alam dan budaya masyarakatnya semakin lestari, maka value-nya juga akan semakin naik dan semakin mensejahterakan masyarakat,” jelasnya.

Namun sebaliknya, lanjut dia, apabila alam Raja Ampat menurun dan tidak terpelihara, akan ditinggalkan oleh wisatawan dan tidak memberikan kesejahteraan. “Bila kelestarian alam dan budaya di Raja Ampat terjaga, kesejahteraan masyarakat di sana akan semakin meningkat,” kata Arief.

Arief menambahkan bahwa festival bahari Raja Ampat 2015 akan menampilkan rangkaian kegiatan seperti lomba tarian dan lagu tradisional yospan, wayase, suling tambur, lagu tradisional dan lainnya.. (ak)

About admin

Lihat Juga

Apresiasi Anugerah Batam Madani 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai wujud apresiasi pemerintah kota Batam kepada 10 tokoh yang membawa pengaruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *