Home / Politik / Kursi Wagub Kepri “Chaos”, Banmus DPRD Bentuk Pansus Pemilihan

Kursi Wagub Kepri “Chaos”, Banmus DPRD Bentuk Pansus Pemilihan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Kursi wakil gubernur Kepri hingga saat ini masih kosong. Gubernur Kepri Nurdin Basirun masih sendiri menjalani roda pemerintahan, setelah lebih dari setahun menjabat.

Dua nama sebenarnya sudah dikirimkan DPRD Kepulauan Riau ke tangan gubernur, namun penetapan siapa wakil yang memenuhi syarat, masih belum ada. Tarik menarik kepentingan pun terjadi. Pemilihan itu tertunda, dan proses penunjukkan jabatan wakil gubernur pun “chaos” atau kacau.

Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kepri berusaha mencari solusi dari kosongnya kursi wagub tersebut. Banmus sudah menjadwalkan pembentukan panitia khusus (pansus) pemilihan wakil gubernur Kepri. Dalam rapat banmus yang dipimpin Ketua DPRD Jumaga Nadeak tanggal 17 Mei pekan depan proses pembentukan pansus tersebut. Sedangkan yang akan memimpin rapat pembentukan pansus ini, adalah wakil Ketua II DPRD, Husnizar Hood.

“Kita inginnya segera pansus ini dibentuk. Teknisnya, pansus dan tatib kita buatkan simultan saja,” kata Jumaga, Jumat (12/5).

Selain menetapkan tanggal, Banmus juga menyepakati komposisi anggota pansus. Berdasarkan tata tertib DPRD, komposisi anggota pansus dibuatkan secara proporsional mengikuti jumlah fraksi.

Sampai disini, tidak ada masalah. Banmus kemudian melanjutkan ke pembentukan panitia pemilihan (panlih). Dari kesepakatan banmus, Panlih juga menyepakati anggota panlih proporsional.

“Tugas panlih nanti standar saja. Menyiapkan kotak suara, papan tulis dan alat kelengkapannya. Kita berharap cepat saja,” harap Jumaga.Karena pansus ini dinilai tidak terlalu rumit, Jumaga optimis dapat selesai dalam waktu dua minggu saja.

Anggota Banmus dr.Yusrizal juga sepakat agar pembentukan pansus sejalan dengan pembentukan tatib. Sehingga, nantinya pansus dapat cepat bekerja. “Kita selesaikan segera, supaya bisa dapat proses ini bisa cepat,” kata Yusrizal.

Rapat Banmus ini juga dihadiri pimpinan DPRD, Rizki Faisal dan Husnizar Hood. Sedangkan dari anggota Banmus hadir Wan Norman Edi, Rudi Chua, Thomas Suprapto, Ririn Warsiti, Syarifah Elvizana, Widiastadi Nugraha dan lainnya. (bn)

Baca Juga  Partai Pengusung, Gubernur dan Ketua DPRD Beda Persepsi

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *