Home / Wisata / Kunjungan Wisman Belum Banyak Melibatkan Travel Lokal

Kunjungan Wisman Belum Banyak Melibatkan Travel Lokal

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjung Pinang – Ketua Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (ASITA) Kota Tanjung Pinang, Sapril Sembiring mengatakan bahwa di tahun 2017 ini kunjungan wisatawan ke Kota Tanjung Pinang dan Pulau Bintan semakin meningkat dibanding tahun sebelumnya, terutama wisatawan asal Tiongkok. Namun hingga saat ini hal tersebut belum banyak melibatkan travel lokal.

“Kami sangat bahagia kalau agen travel Tiongkok melibatkan travel lokal. Ini peluang baik,” ujarnya di Tanjungpinang.

Berdasarkan pemantauannya sebagai pelaku usaha yang bergerak dibidang pariwisata, Sapril mengemukakan bahwa selama ini usaha travel di Pulau Bintan masih kurang berkembang. Padahal kunjungan wisatawan asing ke Pulau Bintan dapat menjadi stimulus pengembangan agen travel lokal.

“Kami bersedia menjadi mitra agen travel Tiongkok,” ujarnya.

Ia mengemukakan wisatawan asal Tiongkok yang berkunjung ke Pulau Bintan setiap pekan meningkat. Pemandu wisata mendapatkan dampak positif dari kunjungan wisatawan asal Tiongkok tersebut. Sejumlah pengusaha perhotelan dan restoran merasakan dampak positif dari kunjungan wisman tersebut.

“Cukup banyak usaha perhotelan di Pulau Bintan merasakan dampaknya, namun usaha travel lokal belum merasakannya,” ucapnya.

Kondisi usaha travel yang kurang berkembang dalam beberapa bulan terakhir mendorong Sapril mengembangkan usaha lainnya, seperti kuliner. Ia mengatakan Pulau Bintan dapat menangkap peluang usaha lainnya dari kunjungan wisatawan asal Tiongkok maupun dari negara lainnya.

Menurut dia, Tanjungpinang dan Bintan dapat mengembangkan usaha kuliner, kesenian dan budaya, serta kerajinan tangan dalam satu kawasan untuk menarik perhatian wisman. Pelibatan warga lokal dalam mengelola usaha tersebut akan menumbuhkembangkan ekonomi masyatakat. Dalam kawasan wisata terpadu tersebut, dapat diselenggarakan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan budaya melayu, China maupun lainnya yang menarik.

“Gedung Gonggong Tanjungpinang juga dapat dijadikan sebagai pusat makanan khas lokal, perdaganhan produk, kerajinan tangan dan kesenian,” tutupnya.(Ant/yd*)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tahun 2018, 70 Persen Even Wisata Batam Berskala Internasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Event merupakan salah satu pilar yang tak kalah penting dalam pengembangan pariwisata. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *