Home / Daerah / Batam / Kunjungan Satu Hari ASEAN Japan Center ke BP Batam

Kunjungan Satu Hari ASEAN Japan Center ke BP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Selama satu hari, investor dari tiga negara menyambangi Badan Pengusahaan (BP) Batam. Mereka menunjukkan ketertarikan dengan izin investasi tiga jam (I23J) di Batam. Mereka yang datang, ada delegasi dari Korea Selatan, Jepang dan Cina. Mereka datang dalam waktu berbeda, pada hari yang sama, untuk mencari tahu prosedur investasi.

Para investor itu datang, Rabu (21/3) di BP Batam, dengan diawali kedatangan rombongan pengusaha dari Korsel. Calon investor dari Korsel yang datang, dari Sammyung Precision, sebanyak tujuh orang. Mereka dipimpin Mr Jin Bongyoul, Senior Executive Vice President Group Sammyung Precision. Mereka datang didampingi pewakilan PT. Batamindo Investment Cakrawala.

Perusahaan Sammyung Precision Co, Ltd, merupakan perusahaan khusus produksi yang membuat komponen-komponen sensor yang canggih. Lebih dari 90 produk dijual ke Jepang, Korea, dan pelanggan lainnya di Asia Tenggara.

”Perusahaan ini sangat berpengalaman dalam produksi dan manajemen dibidangnya. Dan mereka menilai Batam sebagai kawasan yang strategis diantara Singapura dan Johor sangat cocok untuk dijadikan lokasi berinvestasi dengan fasilitas bebas pajak impor,” terang Kabiro Pengembangan Manajemen Kinerja BP Batam, Purnomo Andiantono.

Menurut Andi, rombongan itu berencana akan membawa investasi komponen industri dan akan merakit komponen tersebut di Batam. Fasilitas tersebut diakui dapat mendukung kegiatan industri mereka. “Bahkan, dengan pertimbangan mudahnya perizinan melalui i23j, green channel, dan perpajakan mereka mengaku siap merelokasi perusahaan mereka dari China ke Batam,” sambungnya.

Tidak lama berselang, perwakilan dari Hyundai Engineering & Construction Co. Ltd asal Korea dan pengusaha Tiongkok yang tergabung dalam China Plastic Industry juga hadir.Ikut serta, ASEAN-Japan Centre dan diterima Direktur Lalu Lintas Barang Tri Novianta.

”Kami tertarik untuk beberapa proyek yang akan dilaksanakan di Batam. Seperti LRT, pengembangan Pelabuhan Batu Ampar. Sekaligus mereka juga tertarik dalam pengembangan bandara Hang Nadim, proyek jembatan Batam Bintan, Pelabuhan Tanjung Sauh, dan mengungkapkan ketertarikannya ingin menjadi bagian dalam proyek tersebut,” cerita Perwakilan delegasi Hyundai, Suh Min Jong selaku Chief Representative.

Sementara, sejumlah pengusaha Tiongkok China Plastic Industry yang bergerak dibidang daur ulang non-metal, juga melakukan kunjungan. Mereka didampingi Ketua Kadin Provinsi Kepri Ma’aruf Maulana. Kunjungan awal ini bertujuan untuk berdiskusi dengan BP Batam terkait prosedur dan perizinan investasi industri dibidang daur ulang non-metal.

”Sudah ada lebih dari 22 perusahaan dibidang ini yang mengungkapkan ketertarikan mereka untuk berinvestasi di Batam. Kemudahan i23j tak dipungkiri menjadi ketertarikan tersendiri bagi mereka untuk berinvestasi segera,” jelas Maaruf.

Sementara diruangan terpisah, sembulan orang pengusaha asal Korea, Laos dan Jepang yang tergabung dalam ASEAN Japan Centre juga melakukan pertemuan dengan BP. Mereka datang dengan dipimpin oleh Hiroko Hashizume, Project Invesment Division. Mereka diakui, ingin melakukan studi banding dan ingin mengetahui perkembangan industri dan investasi di Batam.

”Kami sangat tertarik dengan kondisi perkembangan yang ada di Batam terutama Mal Pelayanan Publik. Mereka sangat bagus sekali untuk di kembangkan di negara mereka,” jelas Hiroko.

Program i23J dalam waktu 3 jam dapat menyelesaikan 8 perizinan yang. ”Suatu kemunculan yang bagus. Kehadiran perusahan-perusahaan ini, (apabila terealisasi) nantinya sudah mulai terkumpul dari suppliernya, produsennya, kemudian produknya yang siap ekspor,” harap Andi. (mbb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *