Home / Pendidikan / Kunjungan dan Ikatan Kerjasama SMK Kartini Dengan Universitas di Taiwan
Jerry. J. R. Ou, Profesor President of Dayeh University, memberikan tanda mata kepada kepsek SMK Kartini Batam, Mujiono sebagai tanda awal jalinan kerjasama pembeeian beasiswa dan pemberian kemudahan akses perkuliahan bagi siswa tamatan SMK Kartini beberapa waktu lalu

Kunjungan dan Ikatan Kerjasama SMK Kartini Dengan Universitas di Taiwan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Demi meningkatkan mutu SDM dari siswa SMK Kartini, maka selama 6 hari dari tanggal 6-12 november 2016 lalu, Kepsek SMK Kartini Drs. Mujiono mengadakan kunjungan ke 16 universitas di Taiwan untuk melihat sistem perkuliahan di taiwan sekaligus mengikat kerjasama untuk membuka akses bagi siswa sekolah undangan diberikan kemudahan akses melanjutkan studi kelak ke taiwan serta pemberian beasiswa pada siswa tamatan sekolah tersebut atas kriteria tertentu.

Kunjungan itu berdasarkan undangan kementerian Taiwan, bekerjasama dengan General Director of Taiwan Alumni Association in Indonesia (central ICATI) dan UIB Batam, dengan General Director Ir. Rudy Kianto, M.Sc. Sebanyak 30 sekolah SMA/SMK dan universitas se-Indonesia yang ikut diundang salah satunya SMK Kartini Batam.

Ke 16 universitas di Taiwan tersebut antara lain,

  1. Chinese Culture University Taipei,
  2. Chengchi University Taipei,
  3. Hsing Wu University Taipei,
  4. Kainan University Tao Yuan,
  5. Yuan Ze University Zhong Li District Tao Yuan,
  6. Chung Yuan Christian University Zhong Li district Tao Yuan,
  7. Providence University Taichung,
  8. Central Taiwan University of Science and Technology Taichung,
  9. Tunghai University Taichung,
  10. Dayeh University Chang Hua,
  11. Yunlin University of Science and Technology Yun Lin,
  12. Chang Jung Christian University Tai Nan,
  13. I-Shou University Kao Hsiung,
  14. Pingtung University of Science and Technology Pingtung,
  15. Tajen University Pingtung, dan
  16. Wenzao Ursuline University of Languange Kao Hsiung.

Kepada Hangtuah Pos senin (21/11) yang menemuinya di sekolah, Mujiono mengatakan kunjungan SMK Kartini ke sana melihat 16 universitas yang ada di Taiwan, selain melihat sistem perkuliahan disana juga mengikat kerjasama dengan mereka untuk memberikan kemudahan akses pendidikan dan beasiswa bagi siswa tamatan SMK Kartini. “Khusus Dayeh University dengan Mei Ling Chen PHd sebagai Dean of Foreign Affairs memberikan fasilitas beasiswa gratis untuk 2 orang tamatan SMK Kartini yang memiliki kemampuan bahasa inggris bagus dan mempunyai prestasi akademik,” ungkap Mujiono.

Baca Juga  Gebyar SMK Kartini Batam IV Antar SMP se-Kota Batam Tahun 2017

Pihak Dayeh, lanjut Mujiono, di tanggal 6-7 desember mendatang akan mengunjungi SMK kartini untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut sekaligus sosialisasi tentang program beasiswa tersebut dengan SMK kartini. “Kerjasama tersebut berbentuk ada yang sudah MOU dan ada yang masih berbentuk letter of intense, yang sudah MOU ada 3 universitas, yang lain masih letter of intense.

Dan saat itu Jerry. J. R. Ou, Profesor President of Dayeh University, memberikan tanda mata kepada saya sebagai tanda awal kerjasama Dayeh University dengan SMK Kartini terjalin. Pendidikan S1 disana berlangsung 2 tahun, dan universitas di Taiwan tersebut sudah memfasilitasi gratis bagi siswa tamatan SMK Kartini. Tanggal 29 november ini penandatangan MOU dengan Dayeh University di Swiss Bell Hotel Harbourbay.

Tanggal 6-7 desember pihak Dayeh akan mengunjungi SMK kartini untuk menindaklanjuti kerjasama tersebut sekaligus sosialisasi tentang program beasiswa tersebut dengan SMK Kartini. Harapan saya dengan kerjasama ini siswa SMK Kartini bisa melanjutkan kuliah di luar negeri, dan memberikan motivasi lebih tinggi lagi untuk siswa belajar lebih giat, dengan kerjasama ini SMK Kartini pun berupaya meningkatkan kualitas siswanya,” tutup Mujiono. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *