Home / Lifestyle / Kuliner / Kuliner Khas Masyarakat Kepulauan Riau

Kuliner Khas Masyarakat Kepulauan Riau

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Jika anda berkesempatan untuk berlibur dan berkunjung ke Kepulauan Riau, sebaiknya ada tidak melewatkan untuk mencicipi kuliner khas masyarakat kepulauan riau yang menggoda lidah. Ada banyak ragam makanan dan minuman daerah yang dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan seperti Melayu, Cina, India dan daerah lain di Indonesia. Kuliner khas masyarakay Kepulauan Riau mempunyai ciri khas tersendiri yang menantang untuk disantap.

Berikut beberapa daftar kuliner khas masyarakat Kepulauan Riau yang siap memanjakan lidah anda.

IKAN ASAM PEDAS

asampedas_khasmelayu-2Dengan aroma bumbu yang khas dari kuliner khas masyarakat kepulauan riau, ikan asam pedas ini memiliki kuah kental yang berwarna merah tua di tambahkan dengan lada putih, cabe dan jahe yang semakin menggugah selera makan. Asam ikan pedas kuliner khas masyarakat kepri biasanya disajikan dengan kompor kecil sebagai pemanas di tempat saji untuk menjaga kehangatanya. Kemudian dituangkan ke mangkok kecil yang disediakan.

OTAK – OTAK

asampedas_khasmelayuOtak – otak adalah kuliner khas masyarakat kepulauan riau selanjutnya yang berasal dari masyarakat kota Tanjung Pinang. Otak – otak terbuat dari daging ikan yang telah dihaluskan bersama bumbu-bumbu. Biasanya ikan yang digunakan sebagai bahan pembuatan otak otak adalah ikan tenggiri putih. Otak – otak juga bisa dibuat dengan bahan menggunakan sotong. Tidaklah sulit untuk mendapatkan kuliner khas masyarakat kepulauan riau ini. Anda bisa menjumpainya di sekitar pelabuhan ataupun di sekitar pasar Kota Tanjung Pinang.

MIE LENDIR

mie-lendir-khasbatamMie lendir adalah salah satu makanan kuliner khas masyarakat kepulauan riau yang biasanya disediakan sebagai menu sarapan pagi oleh masyarakat Kepulauan Riau yang berada di Batam. Anda yang baru pertama kali mungkin akan merasa geli melihat menu makanan yang satu ini. Akan tetapi setelah anda mencobanya, kami jamin anda akan ketagihan untuk terus menyantapnya. Mie lendir mengguakan baha mie yang mempunyai ukuran lebih besar dari mie yang biasanya. Disajikan bersama dengan saus yang terbuat dari saus kacang yang hampir mirip dengan bumbu sate padang.

Baca Juga  12 Makanan Khas Batam yang Bikin Ketagihan

SUP IKAN

sop-ikan-batamJika anda berkunjung ke Batam, ada salah satu rumah makan (restoran) yang sangat terkenal dan khusus menyajikan menu sup ikan kuliner khas masyarakat kepulauan riau ini.  Restoran Sup Ikan Yong Kee (yongli) namanya. Sup ikan yang disajikan oleh restoran yong kee, selain kandungan putih telur didalam supnya, adalah adanya campuran belimbing serta tomat hijau yang membuat rasa sup semakin segar. Sup Ikan kuliner khas masyarakat kepulauan riau ini sangat cocok dinikmati dimalah hari saat makan malam, apaliagi ketika cuaca sedang dingin.  Silahkan mencoba.

GONGGONG

gonggong_khas_kepriKuliner khas masyarakat kepulauan riau yang paling dibanggakan adalah adanya Gonggong. Karena satwa laut yang satu ini habitatnya hanya ada di laut kepulauan Riau saja. Gonggong adalah sejenis siput. Cara mengolahnya menjadi menu kuliner khas masyarakat kepulauan riau dengan memasaknya menggunakan saus atau sambal. Jika anda tergoda untuk menikmati makanan ini, anda perlu kesabaran dan skill tersendiri.

TEH TARIK

teh_tarik_khasmelayuSetelah berbagai menu makanan, mari kita beralih ke salah satu jenis minuman yang juga merupakan ciri khas masyarakat kepulauan riau. Teh tarik, adalah minuman khas yang diadopsi oleh masyarakat kepulauan riau dari kebudayan India. Teh tarik biasanya dinikmati dengan nasi lemak ataupun roti prata. teh tarik adalah teh yang dicampur dengan susu manis. sebelum disajikan, teh tarik akan dituang dari satu gelas ke gelas lain sehingga menimbulkan busa yang khas.

Itulah beberapa kuliner khas masyarakat kepulauan riau yang perlu anda coba jika anda sedang berlibur atau berkunjung ke Kepulauan Riau.

(SW)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Perwakilan Kepri Mendapat Penghargaan di AKBN

HANGTUAHNEWS.CO.ID,  Bintan – Sanggar Seni Sang Nila Utama Kabupaten Bintan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *