Home / Daerah / Batam / KRI Bima Suci, Penerus KRI Dewa Ruci Siap Menjelajahi Dunia
KRI Bima Suci, penerus KRI Dewa Ruci yang siap jelajah dunia, (kiri) komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji, (kanan atas) Baruno dengan beberapa awak ABK KRI Bima Suci (kanan bawah)

KRI Bima Suci, Penerus KRI Dewa Ruci Siap Menjelajahi Dunia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Meneruskan misi KRI Dewa Ruci, kapal RI yang sudah beroperasi selama 64 tahun, lahir KRI Bima Suci yang dibuat tahun 2017 di galangan Freire Shipyard, Vigo Spanyol, yang sandar di pelabuhan Batu Ampar, Batam selama 3 hari, kamis (7/12/17) hingga sabtu (9/12/17) lalu.

Kapal yang memiliki panjang 111,2 meter, lebar 13,65 meter dengan berat 2.346 ton dan memiliki kecepatan penuh 15 knot, dengan luas layar 3.352 meter dan nantinya memuat 203 awak ABK, taruna dan awak kapal yang lain tersebut telah menyinggahi 5 negara dan 3 wilayah di indonesia, yakni Vigo Spanyol, Civitavecchia Italia, Port Said Mesir, Jeddah Arab saudi, Colombo Sri Lanka, Padang, Jakarta, dan Batam tersebut di hari sabtu (9/12/17) akan bertolak ke Surabaya untuk pemantapan kondisi teknis untuk pelayaran selanjutnya, begitu menurut penuturan dari Komandan KRI Bima Suci, Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji, saat ditemui Hangtuah Pos kamis (7/12/17) di ruang utama kapal usai acara penyambutan. Ia mengatakan misi utama dari KRI Bima Suci adalah sebagai wadah para taruna akademi angkatan ke 64 saat ini dalam penjelajahannya ke berbagai negara nantinya untuk belajar tentang astronomi dan pengemban diplomasi negara membawa misi pengenalan kebudayaan indonesia keluar negeri. ” Kalau awak kapal senior Bima Suci yang ikut sebanyak 30 orang, yang sebelumnya adalah awak kapal KRI Dewa Ruci, dan Bima Suci ini diharapkan bisa meneruskan tugas-tugas dewa ruci keluar negeri,” jelas Baruno.

Ia berharap dengan adanya Bima Suci membuat para taruna angkatan yang baru tersebut agar mereka bisa lebih mengenal budaya indonesia dan luar negeri serta memiliki jiwa maritim lebih bagus sehingga terwujud impian menciptakan indonesia sebagai poros maritim dunia.

Terakhir Baruno menambahkan bahwa pada saat di Dewa Ruci maupun Bima Suci, selain mereka berlayar, di tiap singgah di suatu negara, mereka tak hanya mempelajari kebudayaan negara tersebut, tetapi mereka juga turut mengikuti lomba eksibisi kapal layar yang saat itu diselenggarakan negara tersebut, dan Baruno mengatakan Dewa Ruci sudah banyak mengantongi juara eksibisi kapal layar.

“Kalau kita menang eksibisi, ditandai dengan kita dapat bendera tertentu, sedangkan kalau kita pernah singgah di negara tertentu itu ditandai dengan kita dapat bendera negara tersebut dan kita pasang di tiang kapal,” pungkas Baruno. (dianHP)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *