Home / Politik / KPU Pinang Mengerahkan 523 PPDP untuk Coklit Data Pemilih

KPU Pinang Mengerahkan 523 PPDP untuk Coklit Data Pemilih

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjung Pinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang mengerahkan 523 petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Pilkada Tanjungpinang 2018. Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria, di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan petugas PPDP akan coklit data pemilih dari rumah ke rumah. Proses coklit upaya untuk mengetahui kepastian data pemilih pada Pilkada serentak Tanjungpinang mendatang.

“Coklit mulai berlangsung dari 20 Januari sampai dengan 19 Februari 2018,” ujarnya.

Ia mengatakan, PPDP akan mencocokkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri 2015.

“Jumlah data sementara di KPU berdasarkan DP4 146.476 pemilih, ditambah dan disinkronkan dengan DPT Pilgub Kepri 2015, ada 146.207 pemilih, jadinya 154.000 jiwa yang memenuhi syarat untuk menjadi pemilih, ini yang dicoklit,” ujarnya.

DP4 Tanjungpinang merupakan hasil data jumlah penduduk setempat yang bisa menggunakan hak pilih yang diusulkan Pemerintah Tanjungpinang ke Kementerian Dalam Negeri, diteruskan ke KPU pusat untuk dijadikan Dp4. Sementara untuk teknis coklit, petugas PPDP akan mendata secara langsung data pemilih di seluruh kecamatan dan kelurahan di Tanjungpinang.

“Petugas PPDP akan mencoret data jika seperti data penduduk yang sudah pindah Kabupaten atau kota namun namanya masih ada di DP4, kemudian seperti anggota TNI dan Polri yang sudah pensiun kemudian ditetapkan menjadi DPS,” ujarnya.

Petugas PPDP akan menempelkan stiker coklit di setiap rumah penduduk yang sudah terverifikasi sebagai pemilih pada Pilkada Tanjungpinang 2018.

“Jika merasa belum tercoklit silahkan lapor ke petugas coklit, seperti RT atau langsung ke Kelurahan setempat, dan imbauannya kepada warga supaya menyiapkan KTP elektronik dan KK agar ketika petugas coklit datang dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. (**)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengangkat Potensi Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *