Home / Daerah / KPU Lingga Mulai Membuka Pendaftaran PPK dan PPS

KPU Lingga Mulai Membuka Pendaftaran PPK dan PPS

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Lingga – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga membuka pendaftaran anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dijelaskan oleh Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lingga, Juliyati, untuk Pemilu 2019 mendatang petugas PPK akan dikurangi dari tahun-tahun sebelumnya yang berjumlah lima orang tiap kecamatan, dan PPS untuk tahun ini jumlahnya hanya tiga orang di tiap kelurahan atau desa. Total penerimaan petugas PPK untuk Pemilu tahun 2019 ini berjumlah 30 orang dari 10 kecamatan yang ada.

“Untuk pendaftaran PPK pada 25-31 Januari 2018, dan PPS 6-12 Februari 2018,” kata Juliyati Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Lingga hari Selasa (23/1/18).

Selanjutnya Juliyati menerangkan bahwa tahapan penerimaan PPK dan PPS ini, sesuai dengan Peraturan KPU RI No 7 tahun 2017 dan Peraturan KPU No 3 tahun 2018. Perbedaan dengan tahun sebelumnya, petugas PPK dan PPS ini sudah mulai bekerja sejak masa tahapan Pemilu. Adapun persyaratan untuk menjadi petugas PPK dan PPS adalah mampu bekerja sepenuh waktu dan berusia minimal 17 tahun serta ketentuan lainnya.

“Untuk proses seleksinya melalui seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara. Kita ingin mencari figur yang serius untuk penyelenggaraan pemilu di kecamatan dan kelurahan, jadi harus dilihat betul motivasi menjadi PPK dan PPS dan pemahaman tentang Pemilu,” ujarnya.

Selain itu perbedaan lainnya pada tahun-tahun sebelumnya adalah pada sistem pemilihan anggota PPS, dimana pada tahun-tahun sebelumnya dipilih melalui kelurahan dan desa, namun pada tahun ini penunjukan petugas PPS langsung melalui KPU dengan tahapan seleksi. Demi menjamin kelancaran pada pemilu 2019, KPU mengimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi untuk menjadi penyelenggara Pemilu.

Penetapan PPK dan PPS diprediksi mulai bekerja pada bulan Maret 2018 salah satunya adalah melakukan verifikasi pemilih tetap sesuai dengan peraturan KPU. (**)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Pasien RSUD-EF Bisa Daftar Lewat SMS dan Daring

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pasien RSUD Embung Fatimah (RSUD-EF) kini bisa mendaftar melalui pesan singkat (SMS) dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *