Home / Daerah / Batam / Kota Batam Digagas Untuk Membangun FSC
Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menyambut kedatangan Menpar Arief Yahya saat berkunjung ke kantor BP Batam

Kota Batam Digagas Untuk Membangun FSC

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau digagas untuk membangun “Financial Service Centre” (FSC) dan akan menjadi tujuan daerah lain guna menarik para investor-investor potensial.

“Financial Service Centre cocok dibangun di Jakarta dan Batam, tapi saya menilai Batam lebih unggul dari Jakarta karena berdekatan langsung dengan Singapura,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Batam, Kamis.

Arief mengatakan hingga saat ini Indonesia belum memiliki Financial Service Centre. Karena itu Indonesia mau tidak mau harus ke Singapura untuk mencari dan menarik investor. Atau mengundang rombongan investor untuk datang ke Indonesia.  Menurut Arief, jika Batam membangun Financial Service Centre, maka seluruh wilayah di Indonesia bisa mencari investor ke Batam.

Konsep Financial Service Centre, kata Arief, cukup sederhana. Secara fisik bentuknya seperti Mall yang diisi sejumlah tenant yang berkaitan dengan investasi. Mulai dari Financial Bank, pemain-pemain Securitas, Pasar Uang, Asuransi, Multifinance dan sebagainya.

“Financial Service Centre di Batam juga bisa menjadi pusat atraksi baru berbasis finansial,” kata Arief.

Arief yakin kunjungan wisatawan Lokal dan mancanegara ke Kota Batam akan melonjak dengan keberadaan Financial Service Centre. Kemenpar, lanjut Arief, sangat berkepentingan untuk mendorong pembangunan Financial Service Centre. Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, pembangunan Financial Service Centre sudah masuk dalam program kerja BP Batam. Kata Lukita rencananya BP Batam akan membangun Centran Bussiness District (CBD) di kawasan kota air di Batam Centre.

“Tempat ini akan jadi pusat kegiatan bisnis di Batam. Financial Service Centre akan masuk menjadi bagian dari CDB,” ujar Lukita.

Lukita mengatakan sebagiamana layaknya di negara-negara lain, Financial Service Centre akan menjadi bagian dari pusat bisnis dari suatu kota.(.h-ant)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *