Home / Daerah / Batam / Kominfo Siapkan Aplikasi Mobile CCTV
Kepala Diskominfo Batam, Salim memantau CCTv

Kominfo Siapkan Aplikasi Mobile CCTV

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam tengah menyiapkan aplikasi kamera pemantau atau closed circuit television (CCTv). Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengakses hasil rekaman CCTv secara mobile.

“Kita lagi buat aplikasi mobile dengan rekaman CCTv dikompres dulu, sehingga tidak berat di device (alat komunikasi) kita. Sekarang masih pakai aplikasi dari penyedianya. File-nya besar karena diambil dari server langsung,” kata Kepala Diskominfo Batam, Salim, Selasa (3/10).

Ia menargetkan aplikasi buatan Kominfo ini bisa selesai November mendatang. Sehingga masyarakat bisa mengakses hasil rekaman CCTv. Misal untuk melihat kondisi lalu lintas apakah terjadi kemacetan di suatu titik, dan sebagainya. Namun aksesnya nanti tetap dibatasi guna mencegah penyalahgunaan.

Salim mengakatan 36 kamera pemantau sudah terpasang seluruhnya di 20 titik. Ada titik yang menggunakan kamera jenis dome dengan kemampuan putaran 360 derajat dan kamera fix atau tetap tanpa putaran. Kamera dome 360 derajat satu di antaranya terpasang di lantai teratas Kantor Walikota Batam. Sedangkan kamera fix ada di simpang pertemuan antara jalur jembatan Sei Ladi dan Kak Dadut. Pada titik Sei Ladi ini terpasang tiga kamera fix yang memantau tiga arah jalan, dari Baloi, dari Simpang Jam, dan menuju Sekupang.

Selain pusat pemerintahan di Batam Centre, CCTv juga dipasang di daerah rawan kriminalitas. Lokasinya tidak di persimpangan yang sudah memiliki lampu lalu lintas. Karena sebagian besar lampu lalu lintas juga sudah terpasang CCTv dari Dinas Perhubungan atau kepolisian. Ke depan, Walikota Batam ingin semua CCTv yang ada di Batam terkoneksi seluruhnya. Baik yang di Dinas Kominfo, Dinas Perhubungan, Kepolisian, bahkan hingga milik swasta.

Baca Juga  20 Titik CCTV Mulai Memantau Jalanan Batam

“Swasta mau saja, cuma link-nya. Kalau dibebankan ke swasta mungkin berat karena untuk link-kan perlu internet dan sebagainya. Jika sudah ter-link semua dan Batam punya command centre, mungkin lebih bagus,” ujarnya.

Sampai keinginan itu terwujud, informasi mengenai kejadian yang terpantau di CCTv masih bersifat koordinasi antar instansi. Misal ada kecelakaan lalu lintas, kemacetan, atau tindak kejahatan, petugas monitor CCTv menyampaikan ke petugas call centre 112 Pemko Batam untuk diteruskan ke instansi terkait.

“Kebetulan ruang CCTv sama 112 ini bersebelahan. Jadi bisa langsung koordinasikan. Ke depan dibentuk Badan Pengelola supaya kalau ada kejadian, bisa langsung tertangani karena ada petugas instansi masing-masing di satu tempat,” paparnya. (kartika/mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *