Home / Daerah / Batam / Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog
Direktur Kemitraan Komunikasi menterian KoKeminfo Dedet Surya Nandika

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video blogging (vlogging). Direktur Kemitraan Komunikasi menterian KoKeminfo, Dedet Surya Nandika mengatakan vlog saat ini sudah menjadi tren di kalangan pemuda. Bahkan Presiden RI, Joko Widodo pun selalu membuat video di berbagai kesempatan kunjungan daerah.

Namun, kata Dedet, belum banyak masyarakat yang memanfaatkan vlogging untuk promosikan program pembangunan.

“Saya yakin adik-adik sudah biasa buat vlog. Tapi kami harapkan, adik-adik juga bisa nge-vlog tentang program pemerintah. Banyak program pemerintah yang sudah dilakukan tapi masyarakat tidak tahu. Tentang infrastruktur, sosial, banyak. Inilah saya mintakan adik-adik ikut sukseskan program pemerintah. Jangan sampai Presiden sudah blusukan ke daerah daerah tapi masyarakatnya tidak tahu itu,” kata Dedet saat membuka kegiatan Flash Vlogging, Menuju Indonesia Maju di Swisbel-Hotel Harbour Bay Batam, Rabu (9/5).

Pada kesempatan ini Kementerian Kominfo menghadirkan Youtuber asal Jakarta, Eno Bening. Pria yang diikuti 126.000 akun dunia maya ini diminta menyampaikan tentang trik agar videonya banyak disukai penonton.

“Ada mungkin standar vlog yang bagus seperti apa. Mas Eno Bening yang akan berikan pengarahan,” ujar Dedet.

Narasumber lainnya yaitu Staf Ahli Presiden Bidang Komunikasi, Gun Gun Siswadi. Ia didaulat untuk berbicara tentang berita-berita bohong (hoax) yang beredar saat ini. Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim mengatakan di era teknologi informasi dan komunikasi ini perlu dijaga agar pemanfataannya tidak untuk hal negatif. Peserta yang hadir saat ini diharapkan menjadi promotor atau duta pemerintah untuk mengunggah hal-hal positif di internet.

“Tiga yang terbaik nanti akan diundang ke Jakarta. Mudah-mudahan dari Batam ada yang dapat kesempatan berharga itu,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti 75 peserta dari pelajar, mahasiswa, dan perwakilan karang taruna. Adapun tiga vlog terbaik untuk kegiatan di Batam yaitu Juara I dari SMAN 1, juara 2 dari SMAN 8, dan juara III dari Politeknik Negeri Batam. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *