Home / Daerah / Bintan / Pek Kong Keng-Klenteng Tertua Ang Nio di Senggaran

Pek Kong Keng-Klenteng Tertua Ang Nio di Senggaran

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Senggarang adalah salah satu desa kecil yang ada di Pulau Bintan. Senggarang termasuk dalam wilayah Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Bintan-Kepulauan Riau. Senggarang juga dikenal sebagai tempat salah satu klenteng tertua di Kepulauan Riau ( Kleteng Ang Nio ) berdiri, bahkan penduduk lokal mempercayai kalau senggarang sendiri merupakan tempat awal bermulanya migrasi penduduk china ke Kepulauan Riau.

Kleteng Ang Nio Senggarang adalah klenteng yang dibangun sekitar tahun 1770, berdasarkan catatan sejarah dan awal pendudukan immigrant china ke kepulauan riau untuk perdagangan. Klenteng ini sampai sekarang utamanya adalah untuk peribadatan umat buddha yang ada di seputar tanjungpinang, namun tidak jarang juga penduduk dari negara tetangga Singapura kerap datang ke Klenteng Ang Nio. Jika anda bepergian ke Kelenteng Ang Nio, pertama kali anda akan disuguhi gerbang besar berwarna merah. Di balik tembok gerbang tersebut terdapat mural dan aksara cina yang melambangkan karma di kehidupan mendatang akibat perbuatan seseorang . Kelenteng Ang Nio terdiri dua ruang sembahyang, yaitu ruang belakang dan ruang depan yang didalamnya terdapat patung Dewi Kwan Im seribu tangan.

Salah satu patung besar di klenteng senggarang, kwan im seribu tangan
Salah satu patung besar di klenteng senggarang, kwan im seribu tangan

Ada hal yang menarik yang akan anda rasakan ketika berada di Kelenteng Ang Nio, yaitu diorama para dewa-dewa dalam mitologi china. Selain berfungsi sebagai ruang peribadatan, ruang sembahyang Kelenteng Ang Nio juga memperbolehkan pengunjung/wisatawan untuk memasukinya, yang penting tetap menjaga norma kesopanan.

Akses ke Klenteng Ang Nio senggarang tergolong mudah. Dari kota tanjungpinang anda bisa menempuh melalui jalur darat atau laut. Dengan jalur laut yaitu melewati pasar Tanjungpinang kemudian menyeberang menggunakan transportasi sampan (pompong : nama lokal) dengan biaya cukup murah kurang lebih Rp 5.000,- saja. Namun anda harus hati-hati dan harus pandai bernegosiasi sebelum menggunakan jasa kendaraan ini. Terkadang penyedia jasa pompong suka meminta harga yang lebih tinggi kepada para wisatawan.

Baca Juga  Menikmati Segarnya Alam di Air Terjun Pongkar

Untuk lebih nyamannya, baiknya anda mengetahui tips berkunjung ke Klenteng Ang Nio Senggarang seperti tersebut di bawah ini.

Tips Berkunjung Ke Klenteng Senggarang

  • Waktu kunjungan bebas bisa kapan saja, tetapi lebih enak sore hari, nggak terlalu panas karena klenteng ini ada di pinggir laut.
  • Jika kesana naik kapal / pompong, tanya dulu tarif ke senggarang, ke senggarang setiap hari ada karena kita hanya menyeberang teluk tanjungpinang dan merupakan transportasi utama penduduk senggarang ke kota tanjungpinang.
  • Pakaian sopan, karena ini tempat ibadah saya rasa perlu lah menghargai kondisi tempat tersebut.
  • Pelepas haus bisa minum es kelapa yang ada di area klenteng senggarang.

So, nggak ada salahnya anda menyempatkan diri mampir ke Kleteng Ang Nio ini jika sedang berkunjung ke Kota Tanjungpinang.

(*SW)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Provinsi Kepri Ditargetkan Menjual 500 Paket Wisata

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Provinsi Kepulauan Riau ditargetkan menjual 500 ribu paket wisata dalam program hot deal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *