Home / Nasional / Ketua MUI: Jaga Negara dari Kelompok Intoleran
Ketua MUI Ma'ruf Amin mengajak masyarakat bersatu untuk menjaga negara dari kelompok intoleran.

Ketua MUI: Jaga Negara dari Kelompok Intoleran

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’aruf Amin mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu menjaga keutuhan bangsa dan negara dari kelompok-kelompok intoleran.

Dia menyebut kelompok tersebut akan merusak kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

Menurut Ma’aruf, kerukunan antarumat beragama merupakan landasan utama dalam menjaga keutuhan dan persatuan negara.

“Karenanya kita harus menjaga negara ini dari kelompok-kelompok yang tidak toleran atau intoleran dari mana saja,” kata Kiai Ma’aruf dalam acara doa bersama bertajuk 17 17 17 di Markas Besar (Mabes) TNI, Jakarta, Kamis (17/8).

Ma’aruf mengungkapkan, para tokoh masyarakat dari berbagai golongan telah berjanji hidup berdampingan secara damai, gotong royong serta saling mencintai dan mengasihi dalam kehidupan antar-sesama bangsa Indonesia.

“Mawadah warohmah antar komponen bangsa akan melahirkan bangsa yang harmonis, yang utuh satu sama lain. Saling berjanji untuk saling membantu dan menolong,” tuturnya.

Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu mengingatkan, karena dasar dan bentuk negara Indonesia sudah final, menjadi kewajiban bagi seluruh golongan masyarakat untuk menjaga serta merawatnya.

Dia menyerukan seluruh elemen bangsa bersatu menjaga keutuhan Indonesia dari kelompok separatis yang ingin memisahkan diri karena sampai saat ini kelompok tersebut masih merong-rong keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita harus menjaga dari kelompok radikal, dan kita harus menjaga negara ini dari upaya pemisahan diri. Atau separatisme yang mungkin terjadi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ma’aruf mengatakan, kerukunan antarumat beragama juga harus dipelihara dan menjadi perhatian bersama seluruh elemen masyarakat. Menurut dia, kerukunan antarumat beragama merupakan garansi keutuhan bangsa.

“Karena kerukunan antar umat beragama adalah unsur utama terjadinya kerukunan nasional. Karena kelompok intoleran ini lah yang akan merusak kerukunan,” kata dia.

Kelompok intoleran ini, kata Ma’ruf menjadi ancaman keutuhan Indonesia lantaran mereka tidak hanya mengusik agama lain tetapi juga sesama pemeluk agama yang sama.

Tak hanya itu, Ma’aruf berharap seluruh masyarakat bersama-sama menjaga para penerus bangsa dari kerusakan moral yang datang dari luar atau dalam negeri.

“Kita juga harus bantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu kesejahteraan rakyat, kedamaian, suasana yang kondusif, aman dan damai,” ujarnya. (cnn)

About admin

Lihat Juga

Menyapa Kota Bandung dari Gunung Batu Lembang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bandung – Lembang terkenal sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung Kota Bandung. Meski jaraknya cukup jauh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *