Home / Serba-Serbi / Ketama Maroko dan Hashisnya

Ketama Maroko dan Hashisnya

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Maroko atau yang lebih di kenal dengan nama magrib oleh bangsa-bangsa arab. Sebelum kedatangan bangsa arab di Maroko, penduduk aslinya adalah bangsa berber. Kedatangan bangsa arab dimulai sejak abad ke 7 hingga mencapai zaman keemasannya di abad 11 atas penguasaannya di andalusia, Spanyol Selatan.

Namun penduduk berber mempunyai tradisi menghisap kif atau hashis yaitu produksi getah yang dihasilkan dari pohon ganja atau cannabis, dan penulis pernah mengunjungi Maroko pada bulan maret 2016 dan sampailah di daerah utara Maroko yang terkenal dengan nama Ketama. Ketama berpenduduk kurang lebih 6000 orang dan seluruh mata pencaharian mereka adalah petani ganja yang sangat terkenal, bahkan 80% dari hashis yang beredar di Eropa di pasok oleh petani Ketama.

Ketama adalah satu-satunya daerah di Maroko yang diberikan keistimewaan oleh raja-raja Maroko sebagai daerah yang legal bagi penduduknya untuk memproduksi ganja sebagai bahan baku pembuat hashis, dan hashis produksi Maroko adalah salah satu hashis yang mempunyai kualitas istimewa. Ketama menyumbangkan lebih dari 30% devisa bagi Maroko. (iw)

About admin

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *