Home / Nasional / Kerjasama RI-Chile Fokus Bidang Perikanan dan Peningkatan Perdagangan Hasil Pertanian
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Presiden Chile Michelle Bachelet di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (12/5).

Kerjasama RI-Chile Fokus Bidang Perikanan dan Peningkatan Perdagangan Hasil Pertanian

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Chile Veronica Michelle Bachelet Jeria, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (12/5/2017) siang. Jokowi mengatakan, Chile merupakan mitra perdagangan terbesar ketiga bagi Indonesia di Amerika Selatan.

Karena itu, masalah perdagangan investasi merupakan topik bahasan utama dalam pertemuan bilateral delegasi pemerintah Republik Indonesia (RI) dan pemerintah Republik Chile.

“Kita berharap agar penyelesaian perundingan kerja sama kemitraan (CEPA), terutama untuk bidang trade and goods dapat diselesaikan tahun ini,” kata Presiden Jokowi dalam konferensi pers bersama Presiden Chile, seperti dikutip dari Setkab.

Presiden menilai, kunjungan Presiden Bachelet juga sangat tepat waktu di saat Indonesia sedang menggalakkan peningkatan perdagangan dan investasi dengan mitra non tradisional, termasuk di Amerika Selatan dimana Chile merupakan salah satu prioritas di antaranya.

Sebagai bentuk untuk mendekatkan pebisnis kedua negara, Presiden sangat menyambut baik kehadiran delegasi bisnis dalam rombongan Presiden Bachelet, dan penandatanganan kesepakatan (MoU) kerja sama antara kedua KADIN (Kamar Dagang dan Industri).

“Kami juga sepakat bahwa ke depan kerja sama bilateral akan difokuskan pada beberapa bidang, yaitu bidang perikanan, bidang industri strategis. Di bidang pertanian, khususnya upaya peningkatan perdagangan dari hasil-hasil pertanian kita,” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyampaikan, bahwa Indonesia dan Chile juga menjadi anggota dalam berbagai forum dunia, di antaranya Gerakan Non-Blok, APEC, dan FEALAC. Presiden meyakini, kedekatan hubungan bilateral akan dapat membantu peningkatan kerja sama di berbagai forum tersebut.

“Saya menyampaikan penghargaan terhadap dukungan Chile terhadap pencalonan Indonesia pada Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020. Dan dukungan yang sama telah diberikan Indonesia kepada Chile pada tahun 2014-2015,” kata Presiden.

Ia menambahkan, penandatanganan dua kerja sama MoU yang baru saja dilakukan, tentunya akan lebih mendekatkan hubungan antara Indonesia dan Chile.

Selama berada di Indonesia, Presiden Michelle Bachelet direncanakan akan melakukan peletakan karangan bunga di TMP Kalibata, pertemuan bilateral dengan Presiden RI, dan menghadiri seminar KADIN RI-Chile. Presiden Chile juga akan menggunakan kesempatan kunjungannya ke Indonesia untuk berkunjung ke Sekretariat ASEAN.

Kunjungan Presiden Chile akan difokuskan untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, kelautan dan perikanan, serta sosial budaya. Kunjungan tersebut memiliki arti penting sejalan dengan prioritas Pemerintah RI untuk meningkatkan akses pasar bagi produk-produk Indonesia di pasar prospektif di wilayah Amerika Selatan. Chile merupakan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia di wilayah Amerika Selatan.

Rencana Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) RI-Chile yang saat ini sedang dinegosiasikan memiliki potensi meningkatkan perdagangan bilateral, investasi, serta menjadikan Chile sebagai hub bagi produk-produk Indonesia dalam memasuki pasar Amerika Selatan. Pada tahun 2016, volume perdagangan RI – Chile mencapai 227 juta USD dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 60,5 juta USD. (tr)

About admin

Lihat Juga

Menyapa Kota Bandung dari Gunung Batu Lembang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bandung – Lembang terkenal sebagai tujuan wisata bagi para pengunjung Kota Bandung. Meski jaraknya cukup jauh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *