Home / Nasional / Kepada Jokowi, Tokoh Lintas Agama Berjanji Jaga Toleransi
Presiden Jokowi bertemu tokoh lintas agama di Istana Merdeka.

Kepada Jokowi, Tokoh Lintas Agama Berjanji Jaga Toleransi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo menuturkan, ia mengantongi komitmen sejumlah tokoh lintas agama untuk menjaga kesatuan Indonesia. Komitmen itu dinyatakan para tokoh agama kepada Jokowi dalam pertemuan tertutup di Istana Merdeka.

Komitmen membantu pemerintah tak hanya untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Tokoh lintas agama berjanji menjaga toleransi antarumat beragama, antarkelompok, dan antargolongan.

“Saya berterima kasih atas komitmen semua pihak membangun demokrasi yang sehat dan mendukung penegakan hukum,” ucap Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (16/5).

Ia mengatakan, komitmen itu akan sejalan dengan sikap pemerintah yang terus menjamin kebebasan berpendapat masyarakat. Namun, Jokowi menegaskan kebebasan harus sesuai dengan hukum, aturan dan perundang-undangan yang ada.

“Kebebasan harus sesuai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dan harus dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Secara terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin menegaskan akan terus mendukung segala upaya pemerintahan Jokowi menguatkan rasa persaudaraan sebangsa dan setanah air di masyarakat.

“Kami mendukung upaya pemerintah menghentikan segala upaya yang dapat menimbulkan terjadinya konflik di masyarakat,” ucap Ma’ruf.

Dukungan akan direalisasikan dengan memperbanyak dialog kebangsaan kepada seluruh lapisan masyarakat. Langkah itu diperlukan demi memperkuat dan menjaga keutuhan NKRI, Pancasila sebagai dasar negara, dan UUD 1945.

Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya sesuai aturan, koridor hukum kesantunan, keadaban, dan akhlak baik.

Dalam pertemuan, Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Wakil Presiden Jusuf Kalla awalnya diagendakan juga mendampingi Jokowi. Namun, JK tidak hadir karena menjadi pembicara utama di Oxford University, Inggris.

Beberapa tokoh agama yang hadir ialah Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nadhlatul Ulama Helmy Faisal, Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin, Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Syaiful Bakhri, dan Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia Hartati Murdaya.

Turut hadir Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, Ketua Persekutuan Gereja Indonesia Henriette T. Hutabarat-Lebang, Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indoneia Wisnu Bawa Tenaya, dan Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesias Uung Sendana. (cnn)

About admin

Lihat Juga

Menteri ESDM Menerbitkan Aturan Baru BBM Non Subsidi

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menerbitkan aturan, tentang perhitungan harga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *