Home / Pendidikan / Kenaikan Tingkat Kecakapan Umum Penggalang SMPN 28 Batam
Foto bersama usai kegiatan kenaikan tingkat kecakapan umum penggalang SMPN 28 Batam, minggu (2/4).

Kenaikan Tingkat Kecakapan Umum Penggalang SMPN 28 Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Adalah agenda rutin tahunan penggalang SMPN 28 Batam, gudep 10.011-10.012, menggelar acara kenaikan tingkat kecakapan umum tingkat penggalang SMP, yang berlangsung selama 2 hari, sabtu (1/4) – minggu (2/4), dilaksanakan di pantai Palm Spring Golf n Resort Nongsa, Batam.

Acara dibuka sabtu (1/4) pukul 16.00 oleh kasi dispora kak Sodikin, M. Kom mewakili kadispora kota Batam, hadir wakil ketua kwartir cabang kota Batam H. Amril, andalan ranting kak Ali Imron, ketua pelaksana sekaligus ketua gudep kak Agusman Amril, S. Kom, sekretaris ranting Batam kota Sofian Edi, S.PdI, DKR, kak Soni Sugiantoro, kak Salwendah, majelis guru SMPN 28 Batam dan para orang tua peserta.

Rangkaian upacara pembukaan kenaikan tingkat kecakapan umum penggalang SMPN 28 Batam.

Dikonfirmasi Hangtuah Pos, Agusman mengatakan jumlah peserta sebanyak 387 siswa dari kelas VII – VIII sedangkan panitia berjumlah 35 orang termasuk DKR.

Kepsek SMPN 28 Batam –
Boedi Kristijorini, S.S, M.Si.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, dan baru pertama kali dilakukan di luar sekolah. Latar belakang kegiatan ini adalah menumbuhkan di jiwa peserta didik memiliki karakter moral yang bagus, memiliki sifat kebersamaan sesuai dengan kode kehormatan gerakan pramuka yakni tri satya dan dasa darma. Tujuan kegiatan ini digelar diluar sekolah ialah siswa mencoba pembaharuan dengan melihat sekeliling mereka dan menikmati suasana pantai bersama orang tua, harapannya agar peserta didik selalu cinta dengan pramuka, menanamkan moral berazas pancasila, menjadi generasi yang lebih baik, yang merupakan titipan amanah dari kepsek kami, ibu Boedi Kristijorini, S.S, M.Si,” urai Agus.

Lanjut Agus, antusias orang tua sangat bernilai positif/baik, dimana orang tua ikut hadir mengantar putra-putrinya ke Palm Spring. “Kegiatan kemah kenaikan tingkat ini diisi dengan kegiatan pelantikan kenaikan tingkat, api unggun, panahan, dan pelatihan damkar, dimulainya hari sabtu (1/4) pukul 07.00, malamnya ada gelaran api unggun, itupun orang tua siswa hadir, bahkan acara penutupan pukul 14.00 hari minggu, orang tua hadir menjemput anak-anaknya,” terang Agus.

Bahkan 2 orang peserta, Herna Daniyati dan Indra Damanik dari kelas VIII ketika ditanya kesan selama kegiatan mengaku senang karena bisa berkumpul dengan kawan-kawannya lebih dari satu hari. “Kita melatih kekompakan dengan kawan-kawan, ada masalah diselesaikan bersama, melatih kemandirian, tidak manja dengan orang tua,” ujar Herna. “Ada masalah bisa diselesaikan bersama, tidak dipendam sendiri, belajar mandiri, agar kelak dewasa ketika orang tua tak ada, kita sudah siap menghadapi dan siap mandiri,” imbuh Indra.

Kak Salwendah selaku pembina putri, menyampaikan kesannya selama kegiatan seluruh peserta tetap enjoy.

“Sampai lupa untuk pulang, tidak ada keluhan sama sekali,” tukasnya.

Ketika kegiatan pelatihan damkar pun, yang dibina langsung oleh ketua pembina damkar kota Batam, Raja Ilham, SH yang hadir bersama 5 orang pembina damkar lainnya, siswa menyimak pengarahan demi pengarahan dengan tertib, bahkan ketika diperlihatkan cara penggunaan alat-alat penunjang pemadam kebakaran, siswa antusias memperhatikan dengan seksama.

Pengarahan pelatihan pemadam kebakaran oleh Raja Ilham, serta simulasi penggunaan alat penunjang damkar.

Terakhir, Kepsek SMPN 28 Batam Boedi Kristijorini, S.S, M.Si mengutarakan kedepannya akan sosialisasi ke orang tua agar lebih siap untuk mengikutkan putra-putrinya dalam kegiatan outdoor seperti kenaikan tingkat tersebut.

“Kedepannya diutamakan yang mengikuti kegiatan adalah siswa kelas VII, yang kelas VIII hanya ketua pimrunya saja yang boleh ikut, nanti melihat animo dari siswa kelas VIII bagaimana, mungkin bisa dibuat 2 kegiatan, alhamdulillah kita berhasil meraih juara 1 LT II kecamatan batam kota regu putri beberapa waktu lalu, semoga bisa dipertahankan,” urai Boedi. (dian)

Foto bersama seluruh peserta, pembina dan DKR kenaikan tingkat penggalang SMPN 28 Batam dan pembina damkar kota Batam.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *