Home / Peristiwa / Kemenlu RI Evakuasi 7 WNI di British Virgin Island
Badai Irma 2017 Karibia
Sepuluh orang tewas dan ribuan orang kehilangan rumah akibat bencana Badai Irma di kepulauan Karibia, wilayah Perancis, Rabu (6/9/2017). Foto diambil di Pulau St Martin, Karibia.

Kemenlu RI Evakuasi 7 WNI di British Virgin Island

HANGTUAHNEWS.CO.ID, [JAKARTA] – Tujuh WNI asal Bali yang bekerja sebagai Spa Therapist di salah satu resort di British Virgin Island, Kepulauan Karibia dievakuasi akibat terjangan badai Irma. Akibat hantaman badai tersebut sebagian besar infrastruktur di negeri kepulauan mengalami kerusakan parah. Badai membuat pasokan air, listrik dan logistik lainnya sama sekali terhenti.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan BHI Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, evakuasi dilakukan pada 6 September 2017 pukul 10.00 waktu setempat.

“Menlu RI memerintahkan Dubes RI Caracas untuk lakukan evakuasi WNI yang terkena dampak Badai Irma di Pulau Tortila, British Virgin Islands. Hasil komunikasi kami dengan otoritas setempat, prospek pemulihan masih membutuhkan waktu lama,” kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/9/2017).

Evakuasi dilakukan dengan pesawat khusus dari Caracas, Venezuela, dipimpin langsung Duta Besar RI di Caracas, Mochammad Luthfie Witto’eng.

Sampai saat ini, Kementerian Luar Negeri RI terus memantau perkembangan ketujuh WNI melakukan komunikasi telepon. Sebelumnya diberitakan diberbagai media bahwa Karibia Disapu Badai Irma. 10 orang tewas dan ribuan rumah hancur di Pulau St Martin dan sekitarnya di gugus kepulauan Karibia akibat diterjang badai Irma. Wilayah terparah yang disapu badai Irma adalah pulau Barbuda, karena 95 persen wilayahnya rusak beat dengan 30 persen hancur total. Hampir tidak ada bangunan yang berada dalam kondisi baik.

Irma, salah satu badai Atlantik terkuat dalam satu abad ini, juga membunuh setidaknya enam orang di St Martin dan satu di Anguilla. (berbagai sumber)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Muslim Batam Jemput Ramadhan dengan Mengaji Massal

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Forum Silaturahmi Dewan Kemakmuran Masjid (Forsil DKM) mengadakan Batam Mengaji, Menjemput Ramadhan. Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *