Home / Daerah / Batam / Kelompok Tani Batam Menerima Bantuan Embung
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Mardanis (foto:net)

Kelompok Tani Batam Menerima Bantuan Embung

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kelompok tani di empat lokasi Kota Batam akan menerima bantuan embung atau kolam penampung air. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Batam, Mardanis mengatakan lokasi pembangunan embung berada di pulau penyangga (hinterland) semua.

“Kelompok taninya ini menanam bermacam-macam, ada jagung, cabai, ubi, produk pertanian lainnya,” kata Mardanis di Sekupang, beberapa waktu lalu.

Embung ini akan dibangun berukuran minimal 500 meter kubik. Pembangunan embung ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Dan prosesnya akan dilakukan secara swakelola oleh kelompok tani tersebut, tidak melalui lelang. Ini sesuai program Presiden Joko Widodo yang ingin memberdayakan masyarakat dengan cara padat karya.

“Nanti kelompok tani yang mengerjakan, mereka yang mencangkul. Setelah siap, mereka buat laporan. Ini untuk pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Tahun 2018, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mendapat DAK sebesar Rp 948 juta. Rencana awalnya akan dibangun tujuh embung tapi kemudian direvisi. Dengan pagu yang sama, item diubah menjadi empat embung dan upgrade (peningkatan) peralatan di Rumah Potong Unggas (RPU).

“Jadinya embung cuma empat, yang lainnya untuk RPU, pembelian peralatan,” kata dia.

Sebelumnya, Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam apel pagi mengingatkan dinas yang mendapat DAK untuk segera laksanakan kegiatan. Karena DAK ini memiliki jadwal yang harus diikuti sesuai ketentuan pusat. Apabila tidak sesuai jadwal, dana tidak akan dicairkan ke daerah. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kesenian Berbagai Daerah Warnai Sosialisasi Pemilu 2019

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Beragam kesenian ditampilkan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya dalam Rangka Menyambut Satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *