Home / EkBis / Kebijakan Sembako Murah, Pemerintah Mendistribusikan 33 Ribu Paket Sembako
Bazaar sembako murah yan didistribusikan di tanjung uma, jumat (27/10/17) (foto:Dian-HT)

Kebijakan Sembako Murah, Pemerintah Mendistribusikan 33 Ribu Paket Sembako

Amsakar Achmad (Wakil Walikota Batam : ” Bila bukan pemerintah yang intervensi, lalu siapa lagi yang mengatasi persoalan masyarakat? “

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batan – Pemerintah Kota Batam selama ini memang cukup peduli dengan masyarakatnya terutama bagi yang kurang mampu. Terbukti dalam tiap semester, mereka selalu menggelar bazaar sembako murah di tiap titik kecamatan khususnya di batam.

Adapun bazar sembako murah kali ini digelar di lapangan bola tanjung uma, jumat (27/10/17). Hadir dalam seremonialnya walikota batam Muhammad Rudi, Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad, kadisperindag Zarefriadi dan stafnya. Adapun masyarakat Tanjung Uma mendapat dan satu paket sembako berupa beras, minyak dan sebagainya.

Dikatakan Amsakar, bahwa tahun 2016, bazaar sembako murah hanya didistribusikan dalam kurun satu semester saja dan didistribusikan sebanyak 30 ribu paket. sedangkan untuk tahun ini karena kondisi perekonomian masyarakat Batam sedang menurun maka diberikan dalam 2 semester, dengan jumlah sembako yang diberikan sebanyak 33 ribu paket.

“Khusus di Tanjung Uma kami gelontorkan 2.800 paket, jadi ini semua tidak ada persoalan dengan politik anggaran dan semacamnya, tak perlu masuk ke ranah yang nantinya akan mengarah ke diskursus baru yang kontra produktif, intinya pertama, persoalan masyarakat harus di selesaikan, kedua ekonomi batam sedang mengalami persoalan yang otomatis itu adalah persoalan masyarakat, dan pemerintah diamanahkan masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, ketiga, laju inflasi di daerah ini harus kita tekan, caranya dengan ketersediaan pangan/sembako yang memadai untuk masyarakat, tak ada politik anggaran disini, bagaimana inflasi rendah, daya beli masyarakat baik, bagaimana harga sembako itu bersaing, itu yang pentin, kalau tidak diintevensi pemerintah melalui kebijakan seperti ini maka harga tidak terkendali, makin berat persoalan masyarakat jadinya,” ulas Amsakar.

Baca Juga  Amsakar Achmad Meluncurkan Buku Puisi ‘SUNG SANG’

Ia berharap dengan kebijakan tersebut, persoalan masyarakat bisa mencair, dan ia optimis tahun depan perekonomian di Batam bisa mengalami peningkatan. Untuk itu ia mengharapkan agar seluruh lapisan masyarakat dan pelaku usaha bersinergi untuk menjaga kondisi batam tetap aman kondusif sehingga kenyamanan untuk berinvestasi di Batam kembali tumbuh. Sehingga kondisi perekonomian batam yang kini hanya berada di titik 1.56% bisa dipulihkan.

Zarefriadi menambahkan untuk tahun depan akan dilihat terlebih dulu kondisi perekonomian masyarakat di batam bagaimana.

“Pak walikota sudah sangat prihatin dengan kondisi perekonomian masyarakat oleh karena itu akan kita ajukan tahun depan sembako murah akan didistribusikan sebanyak 2. 000 per kelurahan, yang saat ini hanya 2.600 per kecamatan, dengan polanya kalau tahun ini diberikan sebanyak 2 kali, tahun depan bisa didistribusikan sebanyak 3 – 4 kali, tergantung situasi ekonomi masyarakat, bila ekonomi masyarakat sudah maju maka pemberian sembako murah pun akan ditekan, namun bila masih susah, maka wakil masyarakat dan pemerintah pastinya yang peduli soal ini, kalau bukan wakil masyarakat yakni pemerintah, lalu siapa lagi yang peduli ?” timpalnya. (dianHP)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *