Home / EkBis / Kalau Untuk Pertumbuhan Ekonomi, Harus Cepat Dieksekusi

Kalau Untuk Pertumbuhan Ekonomi, Harus Cepat Dieksekusi

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Gubernur H Nurdin Basirun memastikan pembangunan sarana dan prasarana untuk mendorong investasi harus dieksekusi dengan cepat. Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah pembangunan pelabuhan yang bisa membongkar muat volume barang yang lebih besar.

“Arus barang yang keluar dan masuk daerah harus didukung pelabuhan yang memadai. Semuanya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Nurdin usai meninjau pelabuhan kargo di Karimun, Kamis (1/12) pagi.

Menurut Nurdin, pelabuhan barang di Karimun pada umumnya belum cukup untuk melayani arus barang yang masuk. Baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun investasi. Pelabuhan saat ini, yang berada tepat di Taman Bunga, Karimun masih belum mendukung lajunya arus barang. Pelabuhan itu panjangnya hanya 70 meter. Kapal yang bisa merapat paling besar untuk ukuran 1.400 GT. Kedalamannya punya antara 7-9 meter. “Malah dweling time bisa sampai 10 hari,” kata Nurdin.

Pelabuhan kargo itu pun dinilai Nurdin kurang memadai. Sebelumnya hanya berlantai papan. Sejak 20 tahun lalu baru diubah dengan lantai beton. Peralatan kerja pun masih manual. Bahkan dulu ada crane yang patah. “Untuk itu harus dijawab dengan fasilitas lebih canggih. Agar Kepri menjado poros maritim dunia,” kata Nurdin.

Karena itu, pemerintah memang memberi perhatian khusus untuk pengembangan pelabuhan. Pelabuhan yang saat ini ada di depan Taman Bunga, nantinya akan dipindahkan ke Paret Rampak. “Supaya cepat, rencana akan ada kucuran dari provinsi dan APBN. Saya optimis bisa,” kata Nurdin.

Sinergi dana ini akan mendukung percepatan pembangunan pelabuhan. “Yang begini harus cepat. Pelabuhan menjadi perhatian pemerintah untuk peningkatan volume yang lebih besar,” kata Nurdin. (tra/humas)

Baca Juga  BP Batam Tampik Pembangunan "Fly Over" Terhambat

About admin

Lihat Juga

BPIH Batam Ditetapkan Sebesar Rp 32 Juta di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk embarkasi Batam ditetapkan sebesar Rp 32.456.450. Besaran biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *