Home / EkBis / Kadin Batam Deklasikan Kebangkitan UMKM di Kota Batam
Kadin Batam melaksanakan deklarasi bangkitnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Batam.

Kadin Batam Deklasikan Kebangkitan UMKM di Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 Kamar Dagang Indonesia (Kadin) kota Batam, melaksanakan deklarasi bangkitnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Batam. Kebangkitan usaha menengah kecil mikro (UMKM ) yang di deklarasikan oleh peserta UMKM kota Batam di bawah binaan Kadin Batam yang dilaksanakan di komplek Winner Sagulung kota Batam, kamis (17/8/2017).

Dekrasi bangkitnya UMKM tersebut mengusung tema ”Untuk memperkuat ekonomi kerakyatan sebagai pondasi ekonomi” yang diambil untuk memberikan semangat kepada pelaku UMKM yang saat ini mulai berkembang di kota Batam. Deklarasi kebangkitan UMKM kota Batam di ikuti oleh beberapa pelaku UMKM Kadin Batam perwakilan dari Biro Pusat Statistik (BPS) Bank Indonesia Telkomsel Badan Pengawasan Batam dinas UMKM kota Batam Unsur keamanan dari Polsek Sagulung Ormas (IPK) dan awak media.

Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian terhadap perekonomian Batam yang saat ini menurun drastis. Sebab banyak perusahaan yang tutup dan hengkang dari Batam yang mengakibatkan banyaknya pengangguran. Di tengah perekonomian Kkota Batam yang saat ini anjlok katanya lagi, pemerintah harus menumbuh-kembangkan UMKM.

Lapak yang disediakan oleh Management Winner untuk pelaku usaha UMKM hanya di bayar Rp 1.200.000,- pertahun sudah termasuk air dan listrik itu merupakan nilai yang sangat -sangat murah. Untuk Komplek Winner menyediahkan beberapa lapak untuk para pelaku UMKM dengan rincian sebagai berikut: Bagian depan untuk lapak kuliner ada 32 unit di dalam semi permanen ada sekitar 48 unit kios 65 unit kios permanen jadi komplek Winner ini kawasan bisnis. Ayu juga mengatakan bahwasannya developer yang membangun kawasan tersebut komit untuk membina kawasan tersebut sebagai kawasan bisnis.

Di tempat yang sama Wakil Direktur Winner Group, Ayu Budirahardo mengaku sangat senang dengan kegiatan deklarasi UMKM yang dilaksanakan di lokasinya.

”Memang sesuai dengan Visi dan misi perusahaan kita bahwa di setiap kawasan Winner Group kita mengalokasikan lahan untuk kawasan UMKM,” kata Ayu.

”Jadi kita juga tidak seperti pengembang lainnya yang hanya membangun ruko dan setelah semuanya terjual kita tinggalkan begitu saja. Tetapi kita akan terus melakukan pembinaan di dalam kawasan tersebut,” jelasnya.

Saat ini untuk kawasan Winner Bugis Jungtion Sagulung pihak pengembang menyediakan tempat jualan untuk pelaku UMKM sebanyak 32 kios yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM.

”Kita juga memberikan pembinaan terhadap pelaku UMKM yang ada di lokasi kita, jadi kita bukan serta merta melepas begitu saja,” katanya. (tp)

About admin

Lihat Juga

BPIH Batam Ditetapkan Sebesar Rp 32 Juta di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk embarkasi Batam ditetapkan sebesar Rp 32.456.450. Besaran biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *