Home / Daerah / Kabupaten Karimun Krisis Pegawai Negeri Sipil
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karimun, Sudarmadi.

Kabupaten Karimun Krisis Pegawai Negeri Sipil

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Karimun – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sudarmadi mengatakan pemerintah daerah krisis pegawai negeri sipil (PNS). Ia menambahkan pemerintah daerah masih membutuhkan sebanyak 3.932 orang PNS untuk menjalankan roda pemerintahan kabupaten hingga kelurahan dan desa. Tenaga PNS ini akan ditempatkan pada formasi yang telah ditentukan di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kantor camat, lurah dan desa.

“Kabupaten Karimun krisis pegawai negeri. Terakhir penerimaan CPNS pada tahun 2008, sehingga banyak tenaga PNS yang dibutuhkan untuk menjalankan roda pemerintahan kabupaten. Jadi bukan tenaga PNS yang ditempatkan sebagai staf biasa, namun mengisi jabatan yang membutuhkan tenaga PNS,” kata Sudarmadi saat ditemui di Komplek Perkantoran Pemkab Karimun, Selasa.

Kebutuhan PNS sebanyak itu, ujarnya, merupakan hasil perhitungan formasi di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lalu dengan perkiraan kekurangan PNS tiap-tiap OPD hingga kantor desa mencapai 15 persen dari tenaga PNS sebagaimana mestinya.

Formasi-formasi yang dimaksud katanya selama ini dikerjakan oleh ASN yang memiliki kemampuan terhadap tugas tersebut, namun tidak memiliki tanggung jawab secara formasi struktur organisasi. Sehingga, pemerintah daerah sangat membutuhkan penambahan kuota PNS. Ia memperkirakan kekurangan tenaga PNS bertambah mencapai 700 orang lebih setiap tahunnya.

“Jabatan kasi di kelurahan dan desa masih banyak yang kosong, rata-rata mencapai 15 persen. Hanya dikerjakan oleh staf. Namun secara formasi, jabatan tersebut kosong. Secara pelaksanaan tidak masalah, karena tugas dapat diselesaikan, namun secara formasi yang jadi masalah. Tiap tahun `kan banyak yang pensiun, sementara penambahan PNS tidak ada. Ini terjadi sejak 2008 lalu,” katanya.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah sangat mengharapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk membuka kran CPNS di wilayah Pemerintahan Kabupaten Karimun.

“Kita sangat berharap besar, Menpan-RB mengabulkan permohonan kita, sebab kita sudah sangat krisis sekali tenaga PNS ini,” tutupnya. (Rus/Ant)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *