Home / Politik / Jumaga Minta Partai Pengusung Desak Pengusulan Cawagub Kepri

Jumaga Minta Partai Pengusung Desak Pengusulan Cawagub Kepri

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Pasca dikembalikannya berkas dua nama Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri oleh DPRD Kepri, hingga kini belum ada tindak lanjut pengusulan ulang oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri, Jumaga Nadeak mengatakan, seharusnya salah satu Wakil Ketua DPRD Kepri dari partai pengusung bisa mendesak pengusulan nama Cawagub tersebut. Terlebih, salah satu partai pengusung Gubernur juga menempati jabatan strategis di DPRD.

“Wagub itu bukan kita yang mendesak. Tapi partai pengusung. Seharusnya wakil ketua (DPRD) yang menjadi salah satu partai pengusung bisa mendesak itu. Tapi kan sampai saat ini belum,” ujar Jumaga, belum lama ini.

Menurut Jumaga, pengembalian berkas cawagub yang diajukan beberapa waktu lalu, dikarenakan berkas dokumen yang diajukan belum memenuhi persyaratan.

“Jadi, kami bukan minta diperbaiki. Tapi, dilengkapi datanya,” tegasnya.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri, TS Arif Fadillah mengungkapkan, hingga kini pihaknya belum menerima ulang berkas pengusulan cawagub dari Gubernur. Ia menjelaskan, proses pengusulan nama cawagub merupakan dari partai pengusung yang diserahkan ke Gubernur.

Sedangkan pihaknya, selaku eksekutif hanya bersifat melanjutkan surat pengajuan dari Gubernur saja.

“Kalau kami Eksekutif ini sifatnya hanya melanjutkan saja. Sedangkan prosesnya ke Partai Pengusung. Itu pun mereka (partai pengusung) langsung ke Gubernur. Namun, setelah diserahkan ke Gubernur, barulah berkas tersebut diserahkan ke kami untuk melanjutkan ke DPRD,” jelas Arif saat ditemui di Kantor Gubernur Kepri, Kamis (16/3/2017).

Arif menambahkan, hingga kini dirinya belum mengetahui berkas pengajuan nama Cawagub dari partai pengusung sudah diserahkan ke Gubernur atau belum. Namun, ia berharap agar proses pengajuan itu bisa dengan cepat diselesaikan.

“Saya juga belum tahu. Tapi, itu kan ranah politik. Kami sebagai Eksekutif ini hanya “mesin penggerak” saja. Tapi, kami harap ya makin cepat makin bagus,” tukasnya. (bt)

Baca Juga  Partai Pengusung, Gubernur dan Ketua DPRD Beda Persepsi

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *