Home / Daerah / Batam / Jatim Pameran Produk Unggulan Di Batam

Jatim Pameran Produk Unggulan Di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian menggelar pameran produk unggulan di Atrium Mall Nagoya Hill Super Blok Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Pameran yang diikuti oleh 30 UKM produk unggulan Jawa Timur ini juga diikuti oleh provinsi lain di Indonesia seperti, Provinsi Sulawesi Selatan, Bangka Belitung, Bali dan Papua.

Kepala Disperindag Jatim, Ir Warno Harisuseno MEng saat membuka pameran mengatakan, pameran bertajuk East Java Trade Expo 2016 ini digelar 22-25April 2016. Dalam kegiatan ini Jatim berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau atas kerjasamanya dalam memamerkan dan menjual produk unggulan dalam negeri untuk memajukan produk-produk unggulan nasional. Tentu ini bertujuan untuk memperkuat pasar dalam negeri dalam menghadaopi era Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Dikatakan Hari, dalam kerjasama ini pihaknya sudah bekerjasama dengan 26 propinsi di Indonesia termasuk Papua. Bahkan Jatim sudah mempunyai 26 perwakilan dagang termasuk Bangka Belitung.

Menurutnya, dalam menghadapi MEA antar provinsi wajib untuk bergandengan tangan atau terintegrasi agar hasrat atau kebutuhan yang besar bangsa ini bisa dicukupi oleh produk-produk unggulan dalam negeri .  “Jangan malah mengunggulkan produk luar negeri, kita cukupi kebutuhan kita dengan produk local saja,” ujarnya.

Tujuan kerjasama provinsi Jawa Timur dengan provinsi lain, kata dia, adalah untuk mengetahui informasi mengenai potensi-potensi baik produk maupun bahan baku yang ada di masing-masing provinsi. Hal ini perlu digalakkan karena tujuan MEA adalah agar seluruh provinsi di Indonesia terintegrasi, bukan perdagangan bebas. Untuk menghadapi itu, kata Hari, dibutuhkan konsep nasional integration.

“Jadi bapak Gubernur Jatim membentuk Indonesia corporation, yang intinya untuk memperkuat potensi-potensi unggulan yangn bisa kita manfaatkan untuk menyukupi kebutuhan pasar dalam negeri,” tuturnya.

Baca Juga  Membongkar Bisnis Esek Esek Di Batam

Di tahun 2015 ini, Jatim mempunya program pameran di 10 ibukota provinsi di Indonesia. Dan ini sudah berjalan mulai tahun lalu dan  akan terus galakkan, dengan harapan ada timbal balik dari provinsi lain speerti Kepulauan Riau yang juga akan emngadakan pameran di Surabaya. “Dengan begitu akan terjalin jejaring yang kuat di antara provinsi-provinsi di Indoensia untuk dalam menghadapi MEA,” katanya.

Hari mengatakan, tahun 2014 Jatim mempunyai pertumbuhan ekonomi 5,86% atau di atas rata-rata nasional yang hanya 5,62 %. Dan PDRB Jawa Timur pada tahun 2014 mencapai Rp1.560 triliun, dimana 51% strukturnya dibantu oleh industri dan perdagangan. “Jadi sektor ini cukup  pesat dalam kontribusi pertumbuhan PDRB Jatim. Oleh karena itu kami harus bekerjasama dengan provinsi lain,” ucapnya.

“Pada prinsipnya bagi pelaku usaha di Jatim dan Kepulauan Riau  ada hubungan timbale balik sehingga terjadi peningkatan kualitas maupun kuantitas provinsi. Marilah kita tanamkan nilai patriotism dengan mencintai dan bangga terhadap produk dalam negeri,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, pengunung Mall Nagoya Hill Superblok dalam sehari di hari biasa tembus 9000 orang. Diharapkan masyarakat Batam memanfaatkan pameran yang digelar Jatim juga beberapa provinsi lain seperti silawesi selatan, bali, Bangka Belitung. Pameran ini  digelar juga untuk untuk meningkatkan perdagangan antar daerah sehingga terbentuk bisnis yang saling menguntungkan.

About admin

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *