Home / Budaya / Jangan Lupakan Sejarah dan Budaya Kepri

Jangan Lupakan Sejarah dan Budaya Kepri

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Gubernur H. Nurdin Basirun mengingatkan dan mengajak generasi muda Kepulauan Riau untuk tidak melupakan budaya dan sejarah negeri ini. Panggung Penyair juga merupakan cara memperkenalkan budaya yang baik kepada generasi muda Kepri.

“Dari pembacaan puisi ini kita bisa memperkenalkan tokoh-tokoh pahlawan dan sejarah kita. Ini merupakan upaya meningkatkan kebersamaan melalui seni,” kata Nurdin yang tampil dalam Panggung Penyair yang merupakan rangkaian Festival Bahari Kepri, di Halaman Gedung Daerah Tanjungpinang.

Menurut Nurdin, panggung ini merupakan upaya memperkenalkan budaya puisi kepada masyarakat. “Pemerintah selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat memberikan manfaat kepada masyarakat. Panggung Penyair ini sangat bagus. Kedepan pemerintah akan mencari inovasi-inovasi acara yang lebih bermanfaat bagi masyarakat,” kata Gubernur.

Malam itu Gubernur Nurdin juga unjuk kebolehan membaca puisi Laut karya Budayawan Rida K Liamsi. Nurdin tampil berkolaborasi dengan sejumlah seniman dan tokoh masyarakat Kepri. Panggung menjadi riuh. Hentakan dan tabuhan gendang yang kuat seakan mengguncang dan membuat panggung terombang-ambing gelombang seperti bait puisi yang dibacakan Gubernur.

Selain Gubernur, tampil juga membaca puisi budayawan Rida K Liamsi. Sebelum tampil, Rida yang menggunakan kaos merah bata dengan balutan blazer di leher menonton di tengah-tengah masyarakat. Walaupun panggung penyair merupakan bagian kegiatan dalam acara Festival Bahari Kepri, Rida menyarankan kegiatan ini tidak berhenti setelah festival selesai.

“Bisa diselenggarakan sebulan sekali ketika matahari tenggelam agar setiap masyarakat tahu bahwa Kepri ini memiliki budaya dan tradisi yang sangat indah,” kata Rida. Berbagai penyair dari tiap kabupaten dan kota berdatangan untuk memeriahkan acara panggung penyair.

Hadir juga Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Gubernur AAU Marsda TNI Imam Sudrajat, Danrem 033/WP Brigjen TNI Fachri, Danlanud Tanjungpinang, Kol.PNB. Wahyu Anggono, Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI S.Irawan. SE, Ketua Dewan Kesenian Kepri Husnizar Hood, Ketua Dewan Kesenian Tanjungpinang Teja Al Habs.

Baca Juga  Puisi - Di Tepi Pantai

Usai acara gubernur menyempatkan ikut makan sate bersama Husnizar Hood dan para seniman kepri . “Makan sate ini memang terlihat hal yang simple, tapi ini merupakan upaya mempererat silaturahmi antara para seniman-seniman kepri”, ungkap Nurdin. (kepriprov)

About admin

Lihat Juga

Apresiasi Anugerah Batam Madani 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai wujud apresiasi pemerintah kota Batam kepada 10 tokoh yang membawa pengaruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *