Home / Politik / Jadi Beban Pemerintah, 46 Mobil Anggota Dewan Batam akan Ditarik
Ilustrasi.

Jadi Beban Pemerintah, 46 Mobil Anggota Dewan Batam akan Ditarik

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Biaya perawatan mobil Anggota DPRD Kota Batam yang menyentuh angka Rp1 miliar, dinilai tidak efisien dan membuang-buang anggaran. Untuk itu, Pemerintah Kota Batam merencanakan penganggaran dana transportasi kepada anggota Dewan dalam APBD Perubahan nanti, sebagai pengganti biaya perawatan tersebut.

Dalam pembahasan Paripurna Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2017, direncanakan satu orang anggota dewan akan mendapatkan Rp7.500.000 per bulannya. Wali Kota Batam menyebut rencana itu sebagai langkah positif.

“Bagus, karena selama ini pemerintah dibebankan dengan biaya perawatan mobil dewan yang tidak efisien dan buang-buang uang,” ujar Rudi beberapa waktu lalu.

Namun demikian, ketentuan pergantian mobil jenis Toyota Altis anggota Dewan dengan uang transportasi sebesar Rp7,5 ribu itu, harus melalui mekanisme dan aturan dan kemampuan yang ada.

“Kita siapkan sesuai dengan aturan, ketentuan dan kemampuan. Apa yang bisa kita bantu, kami akan bantu,” ujarnya.

Sementara Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Ardiwinata, mengatakan bahwa pemberlakuan uang transportasi setelah disahkannya APBD Perubahan. Namun sampai sejauh ini, masih terus dilakukan pembahasan.

“Sebelum disahkan itu harus dievaluasi oleh Gubernur Kepri. Kalau memang sudah disahkan uang transportasi untuk anggota dewan, kendaraan roda empat harus dikembalikan,” ujar Ardiwinata Senin (28/08/2017) sore.

Nantinya, proses pengembalian melalui mekanisme dari Anggota DPRD Batam ke Sekretaris Dewan (Sekwan). Kemudian dari Sekwan nanti langsung diserahkan ke Pemko Batam. Namun demikian harus ada serangkaian cek fisik kendaraan yang dilakukan.

“Kalau berjalan sesuai rencana. September proses pengembalian mobil sudah dilakukan,” ujarnya.

Namun Ardiwinata belum bisa menyebutkan kemana mobil sedan milik pemerintah itu ditempatkan nantinya. Apakah akan dipergunakan melalui SKPD atau akan melakukan lelang kendaraan.

“Belum bisa disebutkan, kemarin Pak Wali Kota menyebutkan akan dipergunakan dan dimanfaatkan pegawai dan pejabat Pemko Batam,” pungkasnya. (bt)

About admin

Lihat Juga

Bawaslu Tanjungpinang Mengamankan Empat Alat Peraga Kampanye

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, mengamankan empat alat peraga kampanye yang dipasang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *