Home / Internasional / ISIS Disebut Tengah Bangun Aliansi dengan Al-Qaeda
Militer Irak Serang Benteng ISIS.

ISIS Disebut Tengah Bangun Aliansi dengan Al-Qaeda

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Baghdad – ISIS disebut tengah berunding untuk menjalin aliansi dengan dengan Al-Qaeda. Pembicaraan mengenai aliansi ini di tengah pasukan Irak yang sedang mengepung ISIS di Mosul Barat.

“Diskusi dimulai dari sekarang. Ada diskusi dan dialog antara kedua utusan yang diwakili oleh Pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi dan Anyman al Zawhari, Kepala Al-Qaeda,” ujar Wapres Irak Ayad Allawi seperti dilansir Reuters, Selasa (18/4/2017).

ISIS berpisah dari Al-Qaeda pada 2014 dan sejak itu dua kelompok militan ini bersaing dalam merekrut, mendanai dan melancarkan gerakan jihad global. Allawi tidak mengetahui bagaimana kedua kelompok ini kembali menjalin komunikasi.

“Tidak jelas bagaimana tepatnya dua kelompok itu dapat bekerjasama,” imbuh Allawi.

ISIS sendiri diketahui semakin terusir dari Irak dan terkepung di Mosul Barat. Tetapi, ISIS masih menguasai wilayah Hawija, kota Qaim, dan Tal Afar di Irak.

Allawi mengatakan, ISIS akan terus hidup dalam sel-sel yang lebih kecil meskipun kehilangan hampir seluruh kekuasaannya di Irak. “Bahkan jika ISIS kehilangan wilayah di Irak, tidak akan semudah itu mereka pergi. “Mereka akan secara laten bertahan dalam sel-sel tidur untuk menyebarkan bisa mereka ke seluruh dunia,” tutup Allawi. (dtk)

Baca Juga  Kapolri Sebut Perpecahan Rusia-AS Perkuat ISIS di Suriah

About admin

Lihat Juga

Kemlu Serahkan 6 ABK Eks-Sandera di Benghazi ke Keluarga

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi melakukan serah terima enam orang ABK yang menjadi korban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *