Home / Pendidikan / Indonesia-Laos Menandatangani Kerjasama Pendidikan Hingga Narkoba
Presiden Joko WIdodo (Jokowi) berbincang dengan PM Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith di beranda Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/8). Jokowi menyambut PM Thongloun dengan upacara resmi kenegaraan. (foto:Angga Yuniar)

Indonesia-Laos Menandatangani Kerjasama Pendidikan Hingga Narkoba

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith sepakat bekerja sama dalam tiga bidang. Ada tiga nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang ditandatangani Indonesia-Laos di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/10/2017).

Salah satunya adalah kerja sama dalam penanganan penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan ilegal. Penandatanganan MoU itu diwakili Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso dan salah satu pejabat Laos.

Indonesia dan Laos juga akan bekerja sama di sektor sosial dan budaya, serta terkait pengembangan teknologi serta perguruan tinggi. Selanjutnya, Indonesia dan Laos juga memperkuat kerja sama bilateral di sektor investasi, pertahanan keamanan, dan sosial budaya.

“PM Thonglun dan saya telah memfokuskan diskusi untuk memperkuat kerja sama beberapa bidang prioritas, yaitu perdagangan investasi, pertahanan keamanan, serta sosbud,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Kamis (12/10/2017). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap agar apa yang telah ditandatangani tersebut dapat segera ditindaklanjuti.

“Saya percaya bahwa hubungan bilateral sangat baik antara kedua negara selama 60 tahun dan masa yang akan datang harus dapat dinikmati rakyat kedua negara. Karena itu, kita akan terus meningkatkan kerja sama demi untuk kemakmuran masyarakat kedua negara,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi dan PM Laos juga menyepakati untuk menuntaskan krisis kemanusiaan yang terjadi pada etnis Rohingya di Myanmar.

“Yang mulia, dalam pertemuan tadi kita telah membahas isu ASEAN dan kawasan dan kita telah sepakat membantu penyelesaian permasalahan di Rakhine State Myanmar,” ujar Jokowi. (LiznaEgeham/L6)

Baca Juga  Tinjauan Kepala Negara ke Waduk Sungai Gong Batam

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *