Home / Daerah / Batam / Indahnya Sunset di Pantai Cakang Pulau Galang

Indahnya Sunset di Pantai Cakang Pulau Galang

Pantai Cakang Juga Merupakan Batas Titik Nol Kilometernya Pulau Galang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pulau Galang termasuk salah pulau dari wilayah Kota Batam. Pulau Galang mempunyai letak paling ujung setelah Pulau Batam dan Pulau Rempang dalam gugusan peta wilayah Kota Batam. Nama Pulau Galang sendiri juga digunakan sebagai inspirasi untuk penamaan jembatan ‘Barelang’ sebagai simbol Batam. Nama Jembatan Barelang diambil dengan menggabungkan nama tiga pulau, yaitu: Pulau Batam (Ba), Pulau Rempang (Re) dan Pulau GaLang (Lang).

Oleh karena terbentuk dari gugusan pulau-pulau, selain kota industry dan surganya belanja, Batam juga sangat dikenal oleh wisatawannya sebagai tempat yang mempunyai tempat – tempat wisata pantai menarik.

Di Pulau Galang ini anda bisa menemukan sebuah tempat wisata pantai yang letaknya terpojok di pulau. Ialah Pantai Cakang. Tidak banyak masyarakat yang familiar dengan pantai ini. Hal itu bias jadi karena tempatnya jauh. Padahal dari pantai ini kita dapat melihat sunset meski tidak sempurna. Untuk ke Pantai Cakang dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih selama 2 jam dari Kota Batam. Itupun anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena Pantai Cakang dan Pulau Galang belum terjangkau oleh Rute transportasi umum.

Melihat akan potensinya, masyarakat setempat berinisiatif untuk mengelola Pantai Cakang sebagai salah satu pantai tujuan wisata. Anda hanya akan dikenai biaya masuk sebsar Rp 5 ribu saja. Walaupun terkadang oleh masyarakat pintu masuk menuju pantai cakang dibuka dan tidak. Dari pintu masuk, anda mungkin mengira tidak ada pantai, karena pantain Cakang tertutup semak dan pepohonan. Perlu menelusuri jalan setapak hingga sampai di ujung pantai Cakang.

Di sudut pulau ini, pantainya berbeda. Tidak berpasir, tetapi berbatu seperti tanah liat mengeras. Di depan pantai tersebut terhampar pemandangan pulau-pulau kecil lainnya dan aktivitas perahu nelayan yang lalu lalang. Air laut Pantai Cakang cukup berisik. Spotnya menggugah keinginan pengunjung untuk memotret diri dengan pemandangan indah di sudut pantainya. Apalagi jika datang pada sore hari, anda berkesempatan untuk melihat pemandangan sunsetnya. Paling pas menikmati sunset dengan duduk di pelantaran yang sudah tersedia di sebelah kanan Pantai Cakang. Atau persisnya ketika menuruni tangga masuk menuju Pantai Cakang. Selain itu, di beberapa pepohonan yang di pagar yang menghadap ke laut juga tersedia tempat duduk di bawahnya.

Baca Juga  Belum Ke Batam Tanpa Berkunjung Ke Jembatan Barelang

Pemandangan di Pantai Cakang ini masih dikelilingi oleh lingkungan yang hijau dari pepohonan, taman bunga, sehingga masih asri. Oleh masyarakat yang mengelolanya, Pantai Cakang ditata dengan beton-beton dan tangga-tangga yang diukir seadanya. Fasilitas lainnya yang tersedia adalah ayunan dan pondok-pondok kecil yang dapat digunakan secara gratis. Selain itu, di Pantai Cakang juga ada pelantaran kayu yang menjorok ke pantai.

Catatan :

  • Dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih selama 2 jam waktu tempuh dari Batam Center untuk menemukan pantai Cakang yang terletak di ujung Pulau Galang.
  • Pantai Cakang belumlah familiar dimasyarakat dan masih terlihat sepi pada hari biasa.
  • Pantai Cakang berada dipaling akhir jalan, bila mengikuti jalan lurus dari jembatan 6 Barelang. Ada penjaga dipintu masuk yang menempati pos penjagaan yang di bangun seadanya saja.

Sumber : seniberjalan | Editor : SW

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *